Tingkatkan Keandalan Listrik di Jawa Timur, PLN Operasikan SUTT 150 kV New Porong-Sidoarjo

Surabaya, 25 November 2022 PT PLN (Persero) berhasil memberikan tegangan listrik (energize) pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV New Porong-Sidoarjo. Keberadaan infrastruktur kelistrikan ini akan meningkatkan keandalan listrik di wilayah Jawa Timur.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali, Muhammad Ramadhansyah, mengatakan keberhasilan energize SUTT 150 kV New Porong-Sidoarjo ini akan meningkatkan keandalan listrik, khususnya di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo.

“Dengan peningkatan keandalan listrik ini, diharapkan turut mendorong perekonomian di Jawa Timur,” katanya.

Dijelaskan, jaringan ini terdiri dari 38 tower dan panjang lintasan 19,168 kilometer sirkuit (kms).

Ramadhansyah juga mengatakan bahwa proses energize ini dilaksanakan setelah seluruh rangkaian tahapan test dan pengujian peralatan (commissioning) berhasil dilalui. Dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB).

“Keberhasilan ini tidak lain berkat kerja sama seluruh pihak. Banyak pihak yang turut mendukung PLN dalam usaha peningkatan keandalan kelistrikan. PLN Group serta stakeholder terkait berperan penting dalam keberhasilan energize ini. Mulai dari awal pelaksanaan pekerjaan hingga akhirnya dapat dilakukan pemberian tegangan pertama,” katanya.

Dia mengatakan, pandemi menjadi tantangan dalam meningkatkan keandalan listrik. Namun, Dia yakin peningkatan keandalan kelistrikan akan mendukung usaha masyarakat yang akan berujung pada peningkatan perekonomian.

“Dengan energize ini, maka SUTT 150 kV New Porong-Sidoarjo siap untuk beroperasi secara andal dan optimal. Fleksibilitas pengoperasian jaringan akan lebih tinggi sehingga keandalan kelistrikan meningkat. PLN siap turut mendukung pembangunan Indonesia dengan keandalan sistem ketenagalistrikan yang optimal,” pungkasnya.