Melalui PLN Peduli, Pariwisata Pulau Ambalat Semakin Menggeliat

Konten PLN Mobile No. 147.PLN-MOBILE/STH.00.01/X/2022

Melalui dukungan PLN Peduli, UMKM di sekitar Pantai Ambalat mengalami kemajuan yang cukup pesat, dibuktikan dengan bermunculannya lapak jualan milik warga setempat yang meningkat kuantitasnya melampaui 100 persen

Kutai Kertanegara, 28 Oktober 2022 – PT PLN (Persero) mendukung geliat geliat ekonomi lokal melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Seperti yang tampak terjadi di Kawasan Wisata Pantai Ambalat, yang telah menerima TJSL PLN Peduli.

Geliat ekonomi Kawasan Wisata Pantai Ambalat menggeliat seiring dengan dukungan PLN PEduli melalui fasilitas seperti flying fox, spot berfoto, penyewaan ATV dan sepeda listrik.

Tak hanya itu, UMKM di sekitar Pantai Ambalat mengalami kemajuan yang cukup pesat, dibuktikan dengan bermunculannya lapak jualan milik warga setempat yang meningkat kuantitasnya melampaui 100 persen dari sebelum masuknya bantuan CSR PLN.

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah berkesempatan mengunjungi Kawasan Wisata Pantai Ambalat guna meninjau bantuan TJSL PLN Peduli. Pada kesempatan ini Bupati Edi memberikan apresiasinya atas bantuan PLN Peduli.

“Atas nama pemerintah, saya memberikan apresiasi kepada PLN karena telah mengembangkan kawasan wisata ini dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Pokdarwis setempat, sehingga membuahkan kemajuan yang signifikan,” kata Bupati Edi.

Kemajuan yang signifikan yang dimaksud adalah dirasakan geliat ekonomi yang semakin tinggi. Dibuktikan dengan jumlah kunjungan per bulan meningkat hingga 7677 pengunjung per bulan pada semester satu tahun 2022 atau 410 persen dari sebelumnya dengan rata-rata hanya 1863 kunjungan per bulan.

“Saya juga melihat warga masyarakat semakin mandiri dalam mengelola fasilitas yang sudah diberikan oleh PLN, sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru yang memberikan manfaat ekonomi masyarakat,” tambah Bupati Edi.

Sementara itu, secara terpisah General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Tenggara Joice Lanny Wantania, mengatakan dengan semakin berkembangnya kawasan wisata Pantai Ambalat dapat memberikan alternatif destinasi wisata di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara.

Kontribusi PLN dalam membangun Kawasan Wisata Pantai Ambalat ini tentunya sejalan dengan program pemerintah dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs), yakni untuk mendukung kelompok masyarakat semakin tumbuh dan berkembang menuju kemandirian ekonomi.

Hal ini dibuktikan dengan pemasukan pendapatan dari Kawasan Wisata Pantai Ambalat yang semakin meningkat.

Joice menjelaskan, sejak masuknya bantuan PLN Peduli tahun 2020, pihaknya telah memberikan pemasukan pendapatan pajak asli daerah Kabupaten Kutai Kartanegara dari restribusi kunjungan wisatawan dengan total nilai mencapai Rp 186 juta.

Aktivitas PLN Peduli sejalan dengan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam mengembangkan kawasan wisata Pantai Ambalat yang dimulai sejak tahun 2020 dan berkelanjutan hingga tahun 2022.

Joice menambahkan bahwa TJSL memberikan dampak positif bagi kawasan sekitar pantai dan juga warga setempat. Pasalnya, daerah sekitar pantai yang semula sepi, sekarang kian menggeliat. Kini, resort dan penginapan milik masyarakat mulai dibangun.

“Terasa sekali perbedaannya. Tentunya ini mengindikasikan meningkatnya rasa percaya diri masyarakat pada potensi wisata Pantai Ambalat. Dan kami merasa bahagia karena apa yang kami lakukan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat,” pungkas Joice.

Narahubung
Grahita Muhammad
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.