Dukung Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik, PLN Operasikan 3 SPBKLU di Sumut

Konten PLN Mobile No. 146.PLN-MOBILE/STH.00.01/X/2022

Medan, 28 Oktober 2022 – PT PLN (Persero) terus mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik dengan menyiapkan berbagai infrastruktur. Salah satunya, PLN mengoperasikan 3 unit Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) pertama di Sumatera Utara.

Bertempat di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pematang Siantar, PLN resmikan 3 swap point SPBKLU oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut), Tonny Bellamy didampingi Walikota Pematang Siantar Susanti Dewayani dan jajaran Muspida di Halaman Kantor UP3 Pematang Siantar.

Walikota Pematang Siantar, Susanti Dewayani mengapresiasi langkah PLN dalam menyediakan SPBKLU untuk memudahkan masyarakat pengguna kendaraan listrik dalam mengisi baterai kendaraannya.

“Sebagai pemerintah daerah Kota Pematang Siantar kami berkewajiban untuk turut menyukseskan program percepatan kendaraan listrik ini, kami akan mendukung dan siap berkolaborasi dengan PLN dalam pembangunan fasilitas pendukung kendaraan listrik,” ungkapnya.

Walikota Pematang Siantar Bersama Muspida sangat mendukung langkah-langkah pengurangan emisi yang dilakukan oleh PLN untuk mencapai net zero emission 2060.

“SPBKLU yang diresmikan oleh PLN merupakan Langkah awal dalam membentuk ekosistem kendaraan listrik di Kota Pematang Siantar untuk mendukung zero emission,” ungkap Susanti.

General Manager PLN UIW Sumut Tonny Bellamy mengemukakan, program percepatan ekosistem kendaraan lisrik ini sebagai upaya meningkatkan ketahanan energi nasional dari yang sebelumnya berbasis impor menjadi domestik.

“PLN terus membangun fasilitas pendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik khususnya di Kota Pematang Siantar, tidak tanggung-tanggung PLN langsung membangun 3 swap point SPBKLU sekaligus, salah satunya di Kota Pematang Siantar dan ini merupakan SPBKLU pertama di Sumatera Utara,” ujar Tonny.

Tonny juga menjelaskan pengguna kendaraan listrik di Sumatera Utara terus meningkat, terlihat sudah banyak kendaraan listrik yang melintas di jalan raya, tidak hanya di kota Medan, namun di Pematang Siantar juga sudah banyak. Antusiasme masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik sangat besar, oleh karena itu PLN sudah membuka franchise fasilitas pendukung untuk kendaraan listrik tersebut.

Hingga saat ini, PLN bekerja sama dengan Fleet Management Grab telah mengoperasikan 20 unit SPBKLU dengan jumlah baterai sebanyak 60 unit yang tersebar di kantor-kantor unit PLN dan PLN Group di wilayah Jakarta.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.