Sinergi dengan TNI dan Pemkot, PLN Manfaatkan FABA PLTU Tidore Bangun Rumah Warga di Maluku Utara

Konten PLN Mobile No. 136.PLN-MOBILE/STH.00.01/IX/2022

Dengan bantuan pembangunan rumah dari FABA PLN, warga tak perlu lagi menumpang di rumah kerabatnya.

Tidore Kepulauan, 26 September 2022- PT PLN (Persero) terus berkomitmen menggerakan kesejahteraan dan mendukung ekonomi masyarakat lewat kehadirannya. Salah satunya lewat sinergi bersama TNI dari Kodim 1505/Tidore dan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk membangun rumah bagi warga prasejahtera.

Pembangunan rumah ini uniknya memanfaatkan Fly Ash Bottom Ash (FABA) atau abu sisa pembakaran batu bara dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tidore.

FABA terbukti secara pengujian sangat aman bagi lingkungan dan memenuhi baku mutu yg dipersyaratkan sehingga sangat aman digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Nurain Muraji, warga Dusun Tahua di Kelurahan Rum Balibunga pun menyampaikan kegembiraannya atas bantuan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN ini.

“Saya sangat senang sekali menerima bantuan ini . Hati saya sangat terharu dan sangat bersyukur,” katanya.

Nurain tak menyangka ia dapat memperoleh dukungan pembangunan rumah berukuran 35 meter persegi. Bantuan ini dianggap sangat berarti baginya dan keluarga.

Ia mengaku cukup sulit memiliki rumah dengan kondisi sebagai orang tua tunggal bagi 2 anaknya. Terlebih penghasilan sehari-hari dari hasil kebun hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari. Itulah alasan mengapa selama ini ia menumpang di rumah salah satu kerabatnya.

Tak hanya Nurain yang menerima bantuan perumahan layak huni, warga setempat juga gembira karena hasil olahan FABA milik PLN ini juga berhasil memproduksi 10.000 batako dan 10.000 paving blok yang kemudian dibagikan kepada warga kelurahan Rum Balibunga.

Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen pun gembira dan menyampaikan apresiasi kepada PLN atas kontribusinya mengolah FABA bagi kebutuhan masyarakat.

“Beberapa negara lain juga sudah banyak yang memanfaatkan FABA sebagai bahan baku untuk konstruksi. Maka dari itu, kami ucapkan terima kasih kepada PLN melalui program TJSL ini karena secara tidak langsung telah membantu Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Dia juga berharap agar PLN dapat terus berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk kemajuan masyarakat di Rum Balibunga baik dari sisi kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan.

“Maka rumah yang sudah dibangun ini agar dapat dijaga dengan baik dan semoga seluruh bantuan ini bisa bermanfaat bagi kepentingan masyarakat yang lebih luas di Kelurahan Rum Balibunga,” kata Sinen.

Terpisah, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Adams Yogasara pun menyampaikan terima kasih atas sinergi dan dukungan yang positif dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

“Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih atas bantuan dari rekan-rekan Kodim 1505/Tidore yang telah bekerja maksimal melaksanakan pembangunan rumah dengan memanfaatkan FABA ini,” ujar Adams.

Adams menjelaskan saat ini PLTU Tidore memproduksi 18 metrik ton FABA per hari sehingga hal ini menjadi potensi ekonomi yang dikelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat. Beberapa produk olahan FABA di antaranya seperti paving blok, batako dan produk material konstruksi lainnya yang bisa dipakai untuk pembangunan.