Bawa UKM Naik Kelas, Bupati Pasaman Apresiasi Pelatihan Digital Entrepreneur PLN

Konten PLN Mobile No. 093.PLN-MOBILE/STH.00.01/VII/2022

Lubuk Sikaping, 22 Juli 2022 Digitalisasi kini telah menjadi sebuah keharusan agar bisnis bisa berkembang. Hal tersebut tak terkecuali bagi usaha kecil menengah (UKM).

Sebagai bentuk kontribusi pada UKM, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar pelatihan kewirausahaan tentang bisnis digital ( digital entrepreneur) di Aula Bupati Pasaman, Senin lalu (18/7/2022). Acara ini dihadiri 53 UKM yang tergabung dalam Rumah BUMN Pasaman.

Bupati Pasaman Benny Utama mengapresiasi inisiatif PLN untuk kegiatan ini. Ia berharap pelatihan dapat memberi pengetahuan baru bagi UKM asal Pasaman tentang penggunaan teknologi untuk mengembangkan usaha.

“Saya bangga kepada PLN. Kami baru saja memikirkan untuk membentuk kegiatan serupa. Karena UKM di Pasaman cukup banyak namun rata-rata belum terlalu melek digital untuk menggunakan penjualan online. Saya sudah instruksikan dinas terkait untuk adakan pelatihan. Ternyata PLN lebih dulu mengadakan hari ini,” sebutnya.

Benny juga berharap seluruh peserta pelatihan mendapat tambahan pemahaman mengenai bisnis digital. Tambahnya, seluruh UKM di Kabupaten Pasaman berpeluang untuk bersaing secara nasional maupun internasional.

“Dengan menggunakan teknologi, kini untuk menyentuh pasar nasional maupun internasional dapat lebih mudah. Pemerintah sangat mendukung pelaku UKM untuk bersaing di pasar internasional,” tambah Benny.

General Manager PLN UIW Sumbar, Toni Wahyu Wibowo mengatakan saat ini PLN Sumbar memiliki total 88 UKM binaan yang bergerak dalam pengolahan produk makanan kemasan, kuliner lokal, penyedia jasa jahit, produksi kain khas daerah, pengolahan limbah unorganik, dan beberapa lainnya.

Ia menjelaskan, Rumah BUMN Pasaman adalah binaan PLN UIW Sumbar yang aktif berkegiatan dan berproduksi. Toni berharap Rumah BUMN Pasaman dapat semakin berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi.

“Kami ingin Rumah BUMN selanjutnya juga menjadi komunitas yang melek teknologi dan paham terhadap digital economy ecosystem,” lanjutnya.

Dalam acara ini, PLN UIW Sumbar menghadirkan pemateri dari salah satu marketplace terbesar yakni Shopee. Adapun materi yang disampaikan di antaranya potensi dan persiapan berjualan online, proses membuka toko secara online, membangun profile toko online, serta pengenalan fitur promosi online.

Toni pun menyampaikan, kini seluruh bisnis jual beli dapat dipromosikan dan dipasarkan melalui digital. PLN kini pun turut memfasilitasi sarana jual beli online melalui fitur marketplace pada aplikasi PLN Mobile.

“Fitur marketplace adalah wadah pemasaran online untuk menjual dan mempromosikan produk. Kini berbagai UKM maupun bisnis menengah sudah bergabung pada fitur Marketplace PLN Mobile. Fitur ini menjadi solusi dari kurangnya media promosi dan media penjualan untuk para UKM,” ungkapnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.