PLN Rampungkan 1 Tower Emergency di Poso

Percepat Recovery, PLN Tambah Personil

(Poso, 27/04) Hari ketiga pasca robohnya satu tower nomor 46 di Poso akibat terjangan banjir bandang, PLN telah berhasil mendirikan tower emergency sebagai pengganti tower SUTT 150 kV Poso-Sidera yang roboh tersebut.

“Setelah bekerja hingga lewat tengah malam, akhirnya tim gabungan PLN telah melakukan pendirian 1 Tower Emergency hingga pukul 02.00 WITA, pagi harinya PLN kembali melanjutkan pekerjaan erection/Penarikan Tower Emergency” Ungkap General Manager Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo Baringin Nababan.

Paralel dengan pekerjaan erection, normalisasi aliran sungai pun masih terus dilakukan, melihat debit aliran air sungai yang masih cukup deras. Untuk mempercepat proses recovery Tim Teknis tambahan pun didatangkan langsung dari beberapa daerah, yaitu Tim erection dari UPT Makassar sebanyak 10 orang, Tim Stringing dari Makassar sebanyak 6 orang dan akan menyusul 4 org dari Semarang yang rencananya akan tiba mlm ini, dan Tim Pembongkaran aksesoris tower 46 dari Palu sebanyak 10 orang.

Sementara itu, sambil menunggu satu lagi tower ERS dari Makassar , kami paralel melakukan melanjutkan proses erection tower ERS 1, nantinya setelah tower emergency 2 tiba tim gabungan PLN akan langsung melakukan erection, selain itu PLN juga masih melakukan normalisasi aliran sungai Puna jalur 2 dan jalur 3.

Tim juga telah melakukan persiapan penarikan kabel dari tower 45 ke tower Emergency 1. Semua dikerjakan secara paralel guna mempercepat pemulihan jaringan.

“PLN berkomitmen untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan di Poso, tim kami siang malam rerus bekerja untuk proses recovery ini” imbuh Baringin

Upaya pemulihan ini tidak terlepas dari bantuan Pemerintah, TNI dan Masyarakat yang turut andil dalam percepatan pekerjaan di lokasi, diantaranya mengenai lahan unloading container tower Emergency dari Makassar, karena jalur menuju lokasi pinggir sungai Puna yang tidak memungkinkan dilalui truk pembawa container. Dari segi pengamanan, lokasi dijaga oleh Koramil Kasiguncu yang terbagi menjadi shift siang dan malam yang dipantau langsung dari Danramil Kapten Asrar.