Kejar Target Rasio Elektrifikasi 100%, PLN Sambung Listrik Gratis ke 110 Keluarga Tak Mampu di Kalteng

Konten PLN Mobile No. 079.PLN-MOBILE/STH.00.02/VI/2022

Seruyan, 30 Juni 2022 – PT PLN (Persero) mengejar target rasio elektrifikasi 100 persen dengan memberikan bantuan penyambungan listrik ke 110 pelanggan tak mampu di empat desa terpencil di wilayah Seruyan, Kalimantan Tengah. Kehadiran listrik di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T) menjadi bukti negara hadir untuk mewujudkan energi berkeadilan hingga pelosok negeri.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy menjelaskan pemberian bantuan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini merupakan wujud kepedulian PLN untuk pemerataan akses listrik bagi seluruh masyakarat.

“Listrik saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan dasar masyarakat, namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melakukan pemasangan baru listrik terutama untuk daerah 3T, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap masyarakat tidak mampu,” tutur Tonny.

Ia menjelaskan PLN dalam menghadirkan listrik adalah hingga membangun jaringan listrik ke sekitar rumah pelanggan. Sementara untuk instalasi dalam rumah dan biaya penyambungan listrik menjadi tanggung jawab pelanggan, tetapi dalam bantuan ini biaya tersebut ditanggung oleh PLN.

Dengan program bantuan pemasangan listrik gratis itu, Ia berharap desa daerah 3T tidak ketinggalan. Dengan adanya listrik, maka taraf kehidupan masyarakat khususnya yang menyangkut ekonomi dapat semakin meningkat.

“Dengan listrik diharapkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah akan meningkat. Karenanya, listrik tidak hanya menyalakan alat elektronik di rumah, tapi juga menyalakan harapan di masa depan,” terang dia.

Kepala Desa Kartika Bhakti, Amrul Mukminin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas upaya PLN menghadirkan listrik di desanya, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat.

“Kami sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan listrik gratis untuk warga kami. Dengan listrik, tidak hanya membantu dalam dunia pendidikan karena anak-anak terbantu untuk belajar, namun dengan adanya listrik perekonomian masyarakat juga terbantu. Program ini sangat bermanfaat untuk kami,” ucap Amrul.

Salah satu penerima manfaat, Ayuh (35) yang sehari-hari bermata pencaharian sebagai buruh lepas sangat bersyukur dengan tersambungnya listrik.

“Terima kasih PLN, dulu listriknya tidak stabil dan hanya bisa digunakan untuk penerangan saja karena menyalur ke listrik tetangga, Alhamdulillah sekarang listrik stabil, anak-anak semakin nyaman belajar di malam hari dan kami bisa menonton TV,” ungkap Ayu.

PLN mencatat, data rasio elektrifikasi (perbandingan kepala keluarga berlistrik dengan total kepala keluarga) Kabupaten Seruyan, dalam dua tahun terakhir meningkat cukup signifikan. Pada tahun 2020, rasio elektrifikasi baru sekitar 84,14 persen, sementara pada bulan Mei 2022 sudah mencapai 90,88 persen.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.