PLN Beri Bantuan Peralatan Produksi ke Pelaku UMKM Jepara agar Kian Berkembang

Konten PLN Mobile No. 076.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

UMKM Jepara diharapkan mampu tumbuh menjadi penopang perekonomian setempat.

Jepara, 30 Juni 2022- PT PLN (Persero) membantu pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan kayu Kabupaten Jepara untuk meningkatkan perekonomian melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Apri Hartono Basuki mengatakan Jepara memiliki potensi UMKM yang sangat bagus, dengan berbagai keunggulan lokal seperti kerajinan meubel, ukiran, pengolahan hasil sumber daya agrikultur, hasil laut dan lain sebagainya.

Sektor UMKM Jepara pun diharapkan mampu tumbuh menjadi penopang perekonomian setempat, keberadaan UMKM sangat berpengaruh terutama bagi masyarakat menengah ke bawah dalam meningkatkan perekonomiannya.

“Berangkat dari latar belakang tersebut, PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B memberikan bantuan TJSL berupa peralatan-peralatan produksi kepada beberapa UMKM yang ada di Kabupaten Jepara, ” kata Apri.

Apri menyebutkan peralatan yang diberikan adalah mixer, oven listrik, spinner, bobok purus, bor tuner, dan band saw. “Peralatan-peralatan tersebut diberikan kepada UMKM yang bergerak dalam bidang kerajinan mebel, jam tangan kayu, dan juga kuliner (keripik bakso dan jasa boga).” tutur Apri.

Bantuan peralatan tersebut diserahterimakan oleh Assistant Analyst TJSL PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B, Ibnu Wicaksana, kepada 5 UMKM lokal yang ada di 5 desa di sekitar PLTU Tanjung Jati B, pada Jumat, 17 Juni 2022.

Langkah PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B dalam memberikan TJSL bantuan peralatan untuk UMKM di Kabupaten Jepara ini turut berkontribusi dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan pada SDG’s point 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Salah satu penerima bantuan peralatan UMKM ini Ahmad Alex Setiawan, yang merupakan pemilik Carafuru, UMKM yang bergerak dalam bidang kerajinan jam tangan kayu, merasa gembira atas bantuan yang diterima.

“Terima kasih kepada PLN PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B atas pemberian bantuan peralatan bor tuner listrik dan juga ban saw ini, ini akan sangat membantu dalam meningkatkan usaha produksi jam tangan kayu kami,” ucap Ahmad.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.