Berkat Dukungan PLN, Kedai Kopi Tenda di Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah Capai Peningkatan Omzet 6 Kali Lipat

Konten PLN Mobile No. 074.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Kedai Kopi Tenda milik Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Lerep, Ungaran sebelumnya beromzet kurang dari Rp 10 juta namun kini bisa mencapai Rp 61,3 juta per bulan.

Ungaran, 30 Juni 2022- Kontribusi PT PLN (Persero) untuk mendukung kegiatan usaha masyarakat merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berkelanjutan. Kisah sukses dukungan PLN ini kembali datang dari pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah yang berhasil meningkatkan omzet hingga 6 kali lipat menjadi Rp 61,3 juta per bulan.

Kedai Kopi Tenda di Desa Wisata Lerep, Ungaran merupakan UMKM yang lokasi operasinya ada di bawah jaringan SUTET 500KV milik PLN. Kelompok ini berhasil meningkatkan omzet berkat Program Modernisasi Foodcourt dengan Electrifying Lifestyle dari PLN UP2B Jawa Tengah & DIY. Program ini berupa dukungan kelistrikan Pasang Baru 2200VA dan peralatan pendukung kedai, lampu penerangan hingga papan petunjuk menuju lokasi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rukun Santoso di mana Kedai Kopi Tenda bergabung.

“Kami mewakili Pokdarwis Rukun Santoso Desa Wisata Lerep dan Pengurus Kopi Tenda mengucapkan banyak terima kasih kepada PLN UP2B Jateng & DIY atas bantuan program TJSL ini. Kami sangat bahagia sekali, belum ada 1 bulan bantuan diberikan, kedai kopi kami ramai dikunjungi para tamu dari berbagai daerah,” ujar Susiyanto, Ketua Pokdarwis Rukun Santoso.

Susiyanto menambahkan dukungan publikasi dari PLN turut membantu usaha mereka sekaligus mempromosikan Desa Wisata Lerep.

Susiyanto menjelaskan, sebelumnya Kedai Kopi Tenda mendapat akses listrik dengan cara menyambung ke rumah warga terdekat. Kondisi lampu penerangan yang terbatas serta kurangnya petunjuk jalan membuat usaha kurang terlihat. Kini berkat dukungan PLN semua semakin tertata baik, usaha mereka pun mulai dilirik pengunjung dan omzet bulanan mereka turut meningkat signifikan. Sebelumnya omzet usaha mereka menurut Susiyanto tidak lebih dari Rp 10 juta.

Secara terpisah, General Manager UIP2B Jamali, Suroso Isnandar, mengatakan program TJSL yang mereka sampaikan diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi UMKM di kawasan tersebut. Terlebih listrik menurutnya punya peran untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

“Selain bantuan pasang baru dan lainnya, PLN juga siap memfasilitasi pemasaran produk dari Pokdarwis Desa Wisata Lerep di marketplace PLN. Untuk distribusinya akan dilakukan dalam pendampingannya nanti,” Lanjut Suroso.

Kedai Kopi Tenda merupakan kegiatan usaha milik Pokdarwis Rukun Santoso yang berada di lingkungan Desa Wisata Lerep. Pokdarwis Rukun Santoso menjalankan kegiatan usaha pariwisata “Paket Desa Wisata Lerep” yang terintegrasi dengan seluruh potensi yang ada di Desa Lerep seperti potensi alam, potensi budaya, maupun potensi wisata buatan dengan konsep paket wisata edukasi baik menginap (live in) maupun sehari (one day tour). Selain itu Pokdarwis Rukun Santoso juga menyediakan produk olahan hasil pertanian dan peternakan sebagai oleh-oleh bagi pengunjung yang datang ke Desa Wisata Lerep.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore