PLN Dorong UMKM Go Digital Untuk Tingkatkan Produktivitas

Konten PLN Mobile No. 062.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Dharmasraya, 29 Juni 2022 – PT PLN (Persero) membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk meningkatkan produktivitas. Salah satu upayanya adalah dengan Go Digital.

Melalui Rumah BUMN, PLN mendorong 85 UKM dari Rumah BUMN Pasaman dan Rumah BUMN Dharmasraya untuk meningkatkan produktivitasnya. General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo menginformasikan, kegiatan pelatihan ini merupakan turunan dari program Rumah BUMN.

”Sejalan dengan kemajuan teknologi, Rumah BUMN harapannya dapat menjadi wadah dalam membentuk komunitas yang melek teknologi dan paham terhadap digital economy ecosystem,” lanjutnya.

Toni menjelaskan PLN membantu para UMKM memberikan pembinaan Go-Digital dan kemasan produk. Harapannya, dengan pendampingan ini bisa diimplementasikan oleh masyarakat dalam mengolah produknya.

Nurlan, pengelola Rumah BUMN Pasaman yang diundang sebagai instruktur menyampaikan, UKM merupakan tiang perekonomian bangsa, maka melatih penggerak UKM sama dengan menggerakkan perekonomian.

“Sejak saya bergabung, Rumah BUMN hadir murni untuk peningkatan UKM. Rumah BUMN memiliki program-program yang jelas untuk membantu bisnis kecil  tumbuh. Semoga melalui pelatihan ini kapasitas dan kapabilitas UKM yang hadir dapat semakin baik,” lanjut Nurlan.

Menyinggung kemajuan teknologi, tak lupa Toni menyampaikan bahwa PLN turut memfasilitasi sarana jual beli online atau marketplace. “Fitur Marketplace adalah wadah pemasaran online yang awalnya kami tuju untuk UKM mitra binaan PLN untuk menjual dan mempromosikan produknya. Namun kini berbagai UKM maupun bisnis menengah sudah bergabung pada Marketplace PLN Mobile,” ungkapnya.

Toni melanjutkan bahwa Marketplace adalah peluang dari kendala keterbatasan penjualan karena kurangnya media promosi dan publikasi. “Kini semua bisa dilakukan dengan online, melalui genggaman. Maka mari Bapak/Ibu, olah produknya, kemas dengan menarik, urus perizinannya, dan pasarkan melalui Marketplace PLN Mobile,” terangnya.