PLN Konsisten Jaga Lingkungan dan Pemberdayaan Sosial Ekonomi di Riau

Konten PLN Mobile No. 051.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Melalui PLN Peduli, PLN terus melakukan pengabdian sosial dan juga melestarikan lingkungan untuk keberlangsungan ekosistem

Riau, 26 Juni 2022 – PT PLN (Persero) memberikan pelatihan budidaya madu kelulut dan pohon aren kepada masyarakat yang menetap di sekitar kawasan Taman Nasional Tiga Puluh (TNBT), Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di kawasan hutan tersebut.

Selain memberikan pelatihan, PLN juga membentuk Kelompok Tani Hutan serta pendampingan pemberdayaan ekonomi pedesaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli.

“PLN berharap adanya peningkatan ekonomi masyarakat, sehingga mereka tidak lagi mengintervensi atau melakukan kegiatan yang mengarah pada pengrusakan kawasan hutan,” ujar Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rengat, Beny.

Selain pemberdayaan ekonomi, lanjut Beny, PLN juga melakukan pemulihan ekosistem Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Benny menjelaskan PLN melakukan identifikasi area terdegradasi, persiapan lahan dan penanaman pohon untuk tersedianya pakan gajah seluas 10 hektare.

“Bantuan pemulihan ekosistem diserahkan untuk meningkatkan peran PLN dalam upaya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan berkelanjutan kawasan konservasi” ujar Benny.

Plh Kepala Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Azmardi mengapresiasi langkah PLN dalam mengoptimalkan perekonomian desa. Hal ini sangat berdampak pada pendapatan warganya.

“Kami bersama PLN memberikan pendampingan berkelanjutan sehingga bantuan benar-benar berdaya guna bagi 685 jiwa yang terdiri dari 140 Kepala Keluarga,” ungkapnya.

Selain itu, pemulihan ekosistem TNBT juga mampu meningkatkan kelestarian lingkungan. “Hal ini merupakan suatu yang besar dalam menjaga paru-paru dunia. Dalam waktu 1 tahun akan dilakukan pemantauan atau evaluasi” tutupnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.