Jaga Kelestarian Desa, PLN Serahkan Bantuan “Molisa” di Jepara

Konten PLN Mobile No.046.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Selain dapat membantu pengelolaan/pengangkutan sampah di Desa Kaliaman, motor listrik sampah “Molisa” dapat mendukung pengurangan emisi karbon

Jepara, 24 Juni 2022 – PT PLN (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) memberikan bantuan kendaraan motor listrik sampah “Molisa” sebagai sarana pengangkutan sampah di Desa Kaliaman, Jepara, Jawa Tengah.

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB), Hari Cahyono menyampaikan kendaraan berbasis listrik ini akan menghemat biaya operasional Desa dalam pengangkutan sampah dan tentunya lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap.

“Hadirnya molisa bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu kebersihan lingkungan serta meningkatkan aktivitas desa untuk menjadi lebih baik lagi,” imbuh dia.

Bertempat di Balai Desa Kaliaman, Selasa (21/6), Senior Manager Keuangan Komunikasi dan Umum (SRM KKU) PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B (PLN UIK TJB), Apri Hartono Basuki menyerahkan 1 unit “Molisa” kepada Petinggi Desa Kaliaman, Heru Hepnanto. “Molisa” merupakan motor beroda 3 dengan bak pengangkut sampah berbasis motor listrik yang merupakan rakitan dari PT PLN Pusharlis.

Apri menjelaskan selain dapat membantu pengelolaan/pengangkutan sampah di desa Kaliaman, motor listrik sampah ini diharapkan juga dapat mendukung pengurangan emisi karbon.

“Bantuan Molisa ini turut berkontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada poin 12 dan poin 7. Yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab serta energi bersih dan terjangkau,” ujar Apri.

Petinggi Desa Kaliaman, Heru Hepnanto, mengucapkan terima kasih untuk PLN UIK Tanjung Jati B. Dia pun meyakini kehadiran “Molisa” ini akan membantu dalam menjaga kebersihan dan kelestarian desa.

“Harapan kita Kaliaman menjadi desa yang bersih dan menjadi desa mandiri sampah, bantuan ini akan sangat membantu akses untuk desa mandiri sampahnya sehingga bisa berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat,” ucap Heru.

Kehadiran “Molisa” juga diharapkan mampu mendorong kendaraan listrik berbasis baterai sebagai solusi transportasi tanpa polusi, sehingga menarik minat masyarakat untuk beralih dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke listrik.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.