PLN dan UGM Sinergi Kembangkan Teknologi Kelistrikan

Konten PLN Mobile No. 045.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

PLN siap bermitra dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan teknologi serta pengabdian masyarakat.

Yogyakarta, 24 Juni 2022 – PT PLN (Persero) melakukan kesepakatan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengembangan teknologi serta pengabdian masyarakat dengan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kesepakatan ini meliputi penyediaan wadah knowledge transfer dan dukungan knowledge center, penyediaan tempat praktik dan internship, serta pengadaan seminar bersama terkait ketenagalistrikan, menjadi wadah dalam penyelesaian persoalan-persoalan yang muncul dan dukungan proses pengembangan penelitian dan inovasi serta pemberian sharing data dan rekaman-rekaman yang terjadi pada sistem kelistrikan Jawa Bali untuk dipelajari.

General Manager PLN Unit Induk Pusat Pengatur Beban Jawa, Madura, dan Bali (UIP2B Jamali) Suroso Isnandar menjelaskan tantangan ke depan terkait ketenagalistrikan tidaklah mudah. Pasalnya, dari sisi hulu bertambah proyek pembangkit berpotensi meningkatkan cadangan menjadi melimpah, sementara dari hilir demand tidak signifikan bertumbuh.

“Kami PLN UIP2B Jamali memiliki tugas sebagai pengatur beban sistem kelistrikan yang meliputi pengelolaan operasi sistem tenaga listrik tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi serta pengelolaan transaksi tenaga listrik di sistem kelistrikan Jawa Bali harus obyektif dalam menjawab tantangan ke depan terkait ketenagalistrikan,” ujar Suroso.

Adanya tantangan tersebut, pihaknya meminta UGM dan juga universitas lainnya jangan segan-segan dalam berkonsultasi dengan PLN. Dengan begitu, membantu dalam penyelesaian persoalan-persoalan terkait ketenagalistrikan.

Adapun infrastruktur PLN UIP2B Jamali, lanjut Suroso, bisa dijadikan sebagai laboratorium UGM dan juga universitas lain untuk pengembangan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri.

“Dengan kesepakatan antara PLN – UGM selama 5 tahun ke depan dapat membuahkan hasil dalam penyelesaian persoalan terkait ketenagalistrikan, pengembangan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri dalam hal kompetensi Sarjana Fresh Graduate, dapat berkesinambungan dan terjalin komunikasi yang baik antara PLN – UGM.” Ujar Suroso.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) pada 22 Juni 2022 antara PLN UIP2B Jamali yang diwakili oleh General Manager Suroso Isnandar dengan Univeritas Gadjah Mada yang diwakili oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Selo, ST., MT., M.Sc., Ph.D.

Dengan adanya kesepakatan ini nantinya dapat membantu peningkatan kinerja perusahaan, di mana studi yang dilakukan UGM dapat menjadi salah satu pedoman/pertimbangan dalam pengelolaan operasi sistem dan dapat memberikan sudut pandang yang lebih independen terhadap persoalan yang ada.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.