PLN Dukung Difabel Lampung Berdaya Dengan Rumah Produksi Batik Tulis

Konten PLN Mobile No. 038.PLN-MOBILE/STH.00.01/VI/2022

Produksi dari batik tulis besutan kelompok difabel ini sudah menembus pasar internasional

Tulang Bawang, 23 Juni 2022 – PT PLN (Persero) terus meningkatkan aksi nyata pemberdayaan masyarakat melalui bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). PLN melakukan pendampingan ke kelompok difabel di Tulang Bawang, Lampung untuk bisa meningkatkan produktivitas batik tulis.

Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Elok Faiqoh Saptining Ratri menjelaskan PLN melakukan pendampingan untuk UMKM Rumah Batik Tulis Shiha Ali. UMKM ini merupakan UMKM yang memberdayakan kreatifitas difabel.

Elok menambahkan bahwa sampai saat ini, PLN tetap fokus terhadap pengembangan UMKM, karena selain sebagai penyedia tenaga listrik, hadirnya PLN harus dapat menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Bantuan yang diberikan ini dapat membantu mewujudkan cita-cita wisata edukasi batik di Tulang Bawang, dan menambah peluang lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,” ujar Elok.

Nasheha Ali Husin, selaku pendiri sekaligus pemilik Rumah Batik Shiha Ali mengatakan pembuatan batik di tempatnya sangat aman dan ramah bagi penyandang disabilitas karena proses memanaskan lilinnya menggunakan kompor listrik.

“Kita lihat sendiri, batik yang dihasilkan komunitas penyandang Difabel ini, sangat berkualitas dan mampu bersaing dengan pengrajin batik lainnya,” terangnya.

Dia mengatakan bahwa Batik Tulis Tulang Bawang Shiha Ali pernah mengikuti secara rutin International Batik Festival INACRAFT di tahun 2015-2022. Bahkan, selain itu Dia menambahkan, karya batik tulisnya itu juga telah berpartisipasi pada ajang festival Internasional di Qatar di Tahun 2019 dan Indonesia Fashion Week di Tahun 2022.

Prestasi tersebut tentu saja membawa nama harum Kabupaten Tulang Bawang dan Provinsi Lampung di kancah dunia internasional.

Prestasi yang telah diukirnya itu, menurutnya tidak cukup sampai di situ. Nasheha Ali juga memiliki mimpi dan harapan dalam pengembangan UMKM batiknya itu.

Kerja keras dan doanya itu pun terjawab. PLN Peduli hadir dengan memberikan bantuan dana sebesar Rp 80 Juta dalam mewujudkan mimpi Nasheha untuk memiliki Rumah Produksi Batik yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

“Alhamdulillah, doa dan harapan kami terjawab. Karena PLN Peduli mau membantu kami agar dapat merealisasikan pembangunan rumah produksi batik yang ramah terhadap penyandang disabilitas,” ujarnya.

Narahubung
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.