Infrastruktur Berhasil Dipulihkan, 29 Ribu Pelanggan Terdampak Erupsi Semeru Kembali Nikmati Listrik PLN

Lumajang, 14 Desember 2021 – Infrastruktur kelistrikan Pascaerupsi Gunung Semeru (4/12) lalu telah berhasil dipulihkan, 112 gardu distribusi yang terdampak dapat kembali beroperasi 100 persen sejak Minggu (6/12). Sementara hingga Senin (13/12), total sebanyak 29.908 pelanggan terdampak erupsi sudah dapat kembali menikmati akses listrik.

Komisaris PLN, Eko Sulistyo didampingi Direktur Bisnis Regional Jawa Madura Bali, Haryanto WS meninjau langsung lokasi jaringan dan pos relawan kelistrikan di Lumajang.

“Sekitar 615 sisanya ini belum dapat dinyalakan karena zona belum aman serta kondisi rumah-rumah pelanggan di Desa Supit Urang dan Desa Curah Kobokan rusak parah. Rumah warga tersebut juga telah ditinggal penghuni mengungsi. Jadi kita akan selanjutnya berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mengambil langkah selanjutnya,” papar Haryanto saat meninjau lokasi-lokasi terdampak.

Rombongan juga meninjau langsung Solidarity Food Truck (SFT) YBM di Balai Desa Candipuro yang telah menyuplai kebutuhan makanan 300 pengungsi dan relawan setiap harinya. Sejak hadir pada 6 Desember lalu, SFT YBM telah memberikan manfaat kepada 4.500 jiwa dengan bantuan berupa dapur umum, perlengkapan tenda, pakaian hangat, kebutuhan anak-anak, obat-obatan dan masker, pos hangat, evakuasi korban, dan psikososial.

Lebih lanjut, Haryanto menuturkan pihak PLN akan menunggu keputusan pemerintah terkait rumah-rumah pelanggan yang berada di zona belum aman.

“Kami siap dan kooperatif membuat jaringan kelistrikan di tempat baru apabila pemerintah akan merelokasi rumah-rumah yang berada di zona belum aman, atau alternatif lainnya,” ungkap Haryanto.

Komisaris PLN, Eko Sulistyo mengapresiasi penuh upaya dan gerak cepat personil PLN dalam memulihkan jaringan listrik di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Dalam kunjungannya tersebut, ia tak henti memberikan semangat kepada personil PLN dan relawan yang telah berjuang selama berhari-hari.

“Semangat untuk kita semua agar bisa memulihkan kondisi kelistrikan dan bisa membantu masyarakat untuk kembali bangkit, ” ujar Eko.

Narahubung
Agung Murdifi
Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

Fenny Nurhayati
Manager Komunikasi & TJSL PLN UID Jatim
081131174777

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.