PLN Gerak Cepat Amankan Jaringan Listrik di Cilacap

• Press Release No. 584.PR/STH.00.01/I/2021




PLN berhasil memulihkan 242 gardu dan menyalurkan listrik bertahap ke 10 ribu pelanggan hingga hari Minggu (14/10) pukul 17.00 WIB.

Cilacap, 15 November 2021 – PT PLN (Persero) melalui PLN UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) Cilacap bergerak cepat memulihkan jaringan setelah munculnya AFF Foam atau Aqueous Film Forming Foam (AFFF) di sekitar areal tangki BBM di kilang Cilacap, pada Minggu (14/11) pukul 12.00 WIB.

Tercatat, dari 242 gardu yang terdampak pemadaman pada 12.00 WIB, tim PLN UP3 Cilacap berhasil memulihkan pasokan listrik bertahap kepada 10.890 pelanggan hingga pukul 17.00 WIB.

Manager UP3 Cilacap Bramantyo Anggun Pambudi menjelaskan, langkah pengamanan jaringan yang dilakukan demi menjaga aset instalasi PLN agar tidak berdampak kerusakan lebih besar yang tentu akan mempengaruhi layanan kepada pelanggan. 

"AFF foam yang digunakan untuk memadamkan api banyak berterbangan di udara, sehingga dikhawatirkan mengganggu jaringan dan aset instalasi PLN," katanya. 

Selain itu, Bramantyo menceritakan, untuk mencegah gangguan dari sisi foam pemadaman area kilang yang terbakar, tim UP3 PLN langsung melakukan pengecekan pada 80 trafo yang menggalirkan listrik ke sekitar 3.500 pelanggan.

"Setelah petugas melakukan pengecekan kondisi jaringan, kami langsung melakukan penormalan secepatnya dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan," katanya. 

Adapun, sejumlah daerah yang terdampak padam antara lain sekitar jalur Jalan MT Haryono, Banjaran, Jalan kalisapu, Kawasan Industri, Jalan Flores, Jalan Kalimantan, Perum Sidanegara, Jalan Suasa, Jalan Tamrin, Donan, dan sekitarnya. 

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan, untuk informasi lebih lanjut mengenai gangguan listrik, pelanggan dapat menggunakan

Narahubung:

Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN 
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
 

 

Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore