Listrik Pulau Bunaken Seratus Persen Dari Tenaga Matahari

(Bunaken, 6/2) Pelanggan PLN di pulau Bunaken, Sulawesi Utara, boleh berbangga hati. Sebab sekarang mereka dapat menikmati layanan listrik PLN selama 24 jam penuh. Dimana sebelumnya, selama bertahun-tahun pelanggan hanya bisa menikmati listrik selama 12 jam saja, yakni ketika hari mulai gelap sampai jelang matahari terbit.

Kebanggan pelanggan di Bunaken dapat terwujud setelah pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Bunaken resmi beroperasi mulai 6 Februari 2011 menggantikan pembangkit listrik tenaga diesel yang selama ini memasok listrik pulau Bunaken.PLTS Bunaken merupakan pembangkit bertenaga matahari pertama yang mampu melistriki satu pulau penuh selama 24 jam. Sebanyak 1.440 buah panel surya dibutuhkan untuk menghasilkan daya maksimum sebesar 400 kilowatt peak. PLTS Bunaken sanggup memenuhi kebutuhan listrik 680 pelanggan dengan beban puncak yang mencapai 360 kilowatt.

Nilai investasi keseluruhan PLTS Bunaken yang di bangun sejak September 2010 di lahan seluas 1,2 hektar ini adalah sebesar 18,5 milyar rupiah. Sementara itu pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang sebelumnya menjadi pemasok utama listrik Bunaken dihentikan operasinya. Dengan demikian PLN dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak sebanyak 1,8 milyar rupiah per tahun.PLTS Bunaken diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang bersama Direktur Operasi Indonesia Timur PT PLN (Persero) Vickner Sinaga yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren dan penandatanganan prasasti.

Vickner menyatakan bahwa PLN akan membangun PLTS serupa di pulau Wakatobi-Sulawesi Tenggara, Gili Terawangan-Nusa Tenggara Barat, pulau Derawan-Kalimantan Timur, dan Raja Ampat-Papua. Semua PLTS tersebut direncanakan mulai beroperasi pada bulan April 2011. “Setiap PLTS itu harus mampu melistriki setiap satu pulau, murni dari tenaga matahari”, lanjut Vickner.Sejalan dengan penggunaan tenaga matahari sebagi sumber energi listrik yang ramah lingkungan, PLN membagikan lampu hemat energi yang dikenal dengan lampu SEHEN (super ekstra hemat energi) kepada para pelanggan di Bunaken. Sebuah lampu SEHEN berdaya 3 watt setara dengan satu lampu pijar 25 watt.

 

Kontak :

_______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp : 021 7261122
Fax : 021 7227059
Email : bambang.dwiyanto@pln.co.id