PLN Tambah Pasokan Listrik ke Riau

(Jakarta, 11/5) PLN dalam waktu dekat akan menambah pasokan listrik ke Riau dengan merelokasi 2 unit PLTG, 2 x 18 MW dan menyewa PLTD 1 x 60 MW. Dua unit PLTG yang direlokasi berasal dari Sunyaragi-Cirebon dan Gilitimur-Madura. Rencananya kedua PLTG tersebut akan ditempatkan di Duri. Saat ini proses relokasi PLTG sudah masuk tahap penyiapan lahan. Diharapkan, proses penyiapan lahan ini bisa berjalan mulus sehingga proses relokasi dapat segera dilakukan.

Sementara PLTD sewa akan ditempatkan di Dumai.  Saat ini, proses PLTD sewa tengah dalam tahap pelelangan dan diharapkan proses pelelangan ini juga dapat berjalan lancar. Dengan segera beroperasinya PLTG dan PLTD sewa tadi, diharapkan dalam jangka pendek sistim kelistrikan di Provinsi Riau akan bertambah sekitar 96 MW.

Selama ini kebutuhan listrik Riau selain  dipasok dari sejumlah pembangkit yang ada di wilayah Sumatera Utara dan Sumbatera Bagian Selatan melalui sistim interkoneksi Sumatera.  Diharapkan dengan daya penambahan kapasitas pasokan daya ini,  kelistrikan di wilayah Riau-Kepri menjadi lebih baik dengan cadangan daya yang bertambah.

Selain upaya jangka pendek tadi, PLN juga tengah mempersiapkan rencana jangka panjang untuk menambah kemampuan pasokan daya di Riau dan Kepri dengan sewa PLTU batubara berkapasitas 2 x (120 MW – 150 MW).  Sewa PLTU ini, sekarang masih dalam proses pengadaan (tender) dan diharapkan pada tahun 2013 sudah dapat beroperasi penuh

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp : 021 7261122
Fax : 021 7227059
E-mail : bambang.dwiyanto@pln.co.id