PLN Gelar Khatam Al-Quran 1.000 Kali Dalam Sehari

(Jakarta, 6/8) Mungkin bagi ummat Islam, mengaji dan mengkhatamkan Al-Quran secara bersama-sama sebanyak 2-3 kali selama bulan Ramadhan sudah menjadi rutinitas biasa. Tapi tidak demikian halnya dengan yang dilakukan PT PLN (Persero) kali ini.

Sabtu, 6 Agustus 2011, tidak kurang dari 1500 peserta khatam Al-Qur’an terdiri dari para hafidz dan hafidzoh dari lembaga-lembaga pendidikan Al-Qur’an, berkumpul di mesjid Nurul Falah PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang Jl. MI. Ridwan Rais No 1 Jakarta Pusat, dan siap mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 1000 kali dalam waktu satu hari (ba’da subuh sampai menjelang waktu maghrib).

Seperti disampaikan Irwan Zainal Nasution, Ketua Jamaah Dakwah Islamiah PLN Distribusi Jakarta dan Tangerang dalam rilisnya Jumat, 5 Agustus 2011, acara ini akan dihadiri dan diikuti langsung oleh Dirut PLN Dahlan Iskan dan istri sejak pukul 05.30 sampai 17.00 WIB, dilanjutkan dengan tausiyah dan buka bersama.

Sekitar 11 lembaga pendidikan Al-qur’an ikut berpartisipasi di acara ini yaitu Pesantren Yatim dan Dhu’afa Baitul Qur’an Indonesia, Ponpes Darul Hikmah, Darul Qur’an Mulia, Boarding School Al-qur’an Center Ummu Habibah Qur’an Center, Al Hikmah, Rumah Qur’an Al Fawaz, Markaz Qur’an, PPPA, Zaid bin Tsabit Lazis PLN, Markaz Qur’an JDI PLN, dan Ma’had Utsman Bin Affan.

Tujuan pelaksanaan khataman adalah bersyukur kepada Allah SWT, mencetak insan yang pandai dan cerdas melalui membaca Al-Qur’an dan menumbuhkan sikap cinta Al-Qur’an.

Khataman akan diselesaikan dalam 3 tahap oleh sekitar 1.500 Hafidz dan Hafidzoh yang terbagi dalam 150 kelompok, dengan jadual :

– 06.00 s/d 12.00: Khataman tahap I / 6 jam 4x khatam x 150 kelompok
– 12.30 s/d 15.10: Khataman tahap II / 3 jam 2 x khatam x 150 kelompok
– 15.30 s/d 17.15: Khataman tahap III / 90 menit 1 x khatam x 150 kelompok

Mempelajari dan memahami isi Al-Qur’an secara baik dan benar tentulah memiliki metodologi tersendiri. Begitu pula dengan tata cara membaca sampai megkhatamkannya, dan khatam Al-Qur’an menjadi bagian terpenting bagi umat muslim, terlebih ketika berada pada Bulan Suci Ramadhan.