PLN Sediakan Layanan Khusus Untuk PT Semen Dwima Agung

(Jakarta, 19/08)   PT PLN (Persero) telah mengikat kesepakatan dengan PT Semen Dwima Agung (SDA) untuk menyalurkan tenaga listrik dari jaringan tegangan tinggi 150 kV  ke pabrik semen milik PT SDA yang berlokasi di desa Merkawang, kecamatan Tambak Boyo, Tuban Jawa Timur.  Naskah perjanjian kerjasama transaksi bisnis tenaga listrik itu, telah ditandatangani oleh Direktur Bisnis dan Manajemen Resiko PLN Murtaqi Syamsuddin dan Direktur Operasi PLN Jawa Bali Ngurah Adnyana dengan   Presiden Direktur PT SDA Unggul Raharjo dan Junus O. Hutapea (salah satu Direktur PT SDA) di Kantor PLN Pusat, Jum’at (19/8).

Nantinya, PLN akan menyalurkan tenaga listrik sebesar 40 MVA  ke pabrik semen SDA dengan tingkat layanan yang utama (Premium Service) yang berbeda dari layanan standar.“Adanya kesepakatan jual beli tenaga listrik antara PLN dengan SDA ini,  menunjukkan bahwa para pelaku bisnis menaruk kepercayaan yang  begitu tinggi pada kemampuan PLN untuk  menyalurkan tenaga listrik bagi pengembangan pabriknya dengan tingkat mutu layanan sebagaimana yang diharapkan/diminta “, kata Murtaqi Syamsuddin.

Dengan demikian, diharapkan bisa lebih mendorong PLN untuk bekerja lebih keras lagi dalam menyediakan dan menyalurkan tenaga listrik dengan kualitas yang memadai serta dalam jumlah yang mencukupi sehingga mampu memenuhi tingkat ekspetasi (harapan) dan kepercayaan dari para investor/pelaku usaha akan penyediaan listrik di Indonesia.

Kebutuhan listrik untuk pabrik SDA,  diperkirakan akan mulai bisa disalurkan pada Kwartal IV tahun 2012, dimana dalam penyaluran tenaga listriknya  akan dilayani dengan layanan khusus  dengan tingkat mutu layanan yang berbeda dari layanan standar.  Nantinya harga jual tenaga listrik yang disalurkan PLN kepada SDA ditetapkan  sebesar Rp. 810 / kWH (Kilowatt hour).

Harga jual ini menggunakan Single Tarif (Tarif Tunggal), dimana harga jual Waktu Beban Puncak (WBP) adalah sama dengan harga jual Luar Waktu Beban Puncak (LWBP)Layanan khusus (Premium Service) merupakan salah satu bentuk layanan yang diberikan PLN dengan mutu (kualitas), garansi keandalan dan kepastian penyambungan sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang disepakati bersama antara PLN dengan pelanggan. Dengan demikian, maka penyaluran tenaga listrik ke pabrik semen PT DSA akan dilayani dengan keandalan dan mutu pasokan yang lebih tinggi dari standar.

Selain itu, apabila pasokan listrik ke pabrik semen SDA mengalami pemadaman/gangguan akibat kegagalan penyaluran di sisi Unit PLN, maka PLN wajib memberikan kompensasi kepada  PT SDA.  Oleh sebab itu, untuk menyalurkan tenaga listrik ke instalasi pabrik PT SDA yang dilayani dengan layanan khusus tadi,  PLN akan membangun perluasan instalasi tenaga listrik serta perawatan secara berkala dan berkesinambungan atas jaringan utama dan fasilitas pendukungnya.  Kesepakatan jual beli tenaga listrik antara PLN dengan PT SDA ini akan berlangsung selama 20 (Duapuluh) tahun dan dimungkinkan untuk diperpanjang kembali.

Dengan adanya layanan Premium Service ini, membuktikan bahwa dengan skema bussines to bussines, PLN sesungguhnya memiliki kemampuan untuk menyediakan dan menyalurkan tenaga listrik dengan kualitas (mutu) dan garansi keandalan sebagaimana  yang diminta/diharapkan pelanggan,  khususnya pelanggan besar  dengan tingkat mutu layanan yang jauh lebih baik, tidak sama dengan layanan standar.  PT SDA  merupakan anak perusahaan dari  PT Holcim yang bergerak di dibidang produksi semen. Diperkirakan pabrik ini mampu memiliki kapasitas produksi hingga 1,7 juta ton per tahunnya. Pabrik ini dibangun dengan nilai proyek 450 Juta USD, dimana pada tahapan konstruksinya mampu menyerap tenaga kerja 2000-an orang, sedangkan untuk bidang operasinya membutuhkan tenaga kerja sekitar 200 orang.

Target pasar yang dibidik oleh PT SDA adalah pasar dalam negeri.Secara operasional, nantinya penyaluran tenaga listrik ke pabrik semen PT SDA akan dilayani oleh PLN Distribusi Jawa Timur (Disjatim) yang hingga saat ini  telah melayani 18 pelanggan tegangan tinggi 150 kV dengan total kapasitas terpasang  658 MVA. Selain itu, PLN Disjatim juga melayani 2 pelanggan tegangan tinggi dengan jenis layanan Premium Service.

 

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Telp. 021 7261122
Fac. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id