PLN Memberangkatkan 7.000 Pemudik Gratis

Jakarta, 29 Mei 2019 – Layanan mudik gratis bersama PLN hadir kembali. Tahun ini sebanyak 7.000 pemudik diberangkatkan melalui moda transportasi Bus dan Kapal Pelni. Kegiatan bertajuk Mudik Bareng Guyub Rukun merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri. Acara pelepasan pemudik dilakukan di PLN Kantor Pusat, Jakarta, Rabu (29/5).

Pada kegiatan “Mudik Bareng Guyub Rukun”, PLN menyediakan 100 bus untuk 5.000 pemudik dengan tujuan beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu, PLN juga menyediakan kapal untuk 2.000 pemudik.

Program mudik gratis ini diperuntukkan bagi pegawai, mitra kerja, tenaga alih daya (outsourcing), dan masyarakat sekitar serta keluarga para pedagang kaki lima yang berada di lingkungan kantor PLN se-Jabodetabek. Tak hanya itu, program ini turut memberangkatkan pemudik yang berasal dari Program Kementerian ESDM dan Polda Metro Jaya.

Acara pelepasan rombongan bus dan peserta mudik bareng dilakukan oleh VP Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah di Kantor Pusat. Dirinya mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan mudik bersama melibatkan sinergi antar BUMN. Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan mudik dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Ia juga menyatakan bahwa program ini sebagai wujud kepedulian BUMN kepada masyarakat sekitar.

“Kegiatan mudik gratis dari PLN berjalan sejak 2007 dan menjadi program tahunan perusahaan. Program ini menjadi salah satu bentuk kepedulian perusahaan (Corporate Social Responsibility) kepada masyarakat sekitar  PLN untuk bisa menjalankan ritual mudik Lebaran tanpa harus berebut membeli tiket, tak perlu berdesak-desakkan di atas bus atau kereta api,  sehingga acara mudik dengan keluarga menjadi lebih nyaman. Melalui program ini, diharapkan para pemudik dapat pulang bersama-sama ke daerah masing-masing sambil mempererat rasa persaudaraan sesama pemudik sehingga menciptakan Mudik Bareng Guyub Rukun sesuai tema kegiatan dari Kementerian BUMN,” ungkapnya.

Sementara itu, kegembiraan diungkapkan Anton, peserta mudik gratis yang merupakan Warga Wonosari Gunung Kidul. Dirinya terlihat sumringah saat hadir pada acara pelepasan para peserta Mudik Bareng.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN atas bantuan mudik gratis, sehingga dapat berkumpul dengan keluarga sekaligus merayakan Lebaran di kampung halaman,” ungkap Anton.

Sebagai upaya menjaga keselamatan penumpang selama perjalanan mudik, di hari yang sama dilakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urine bagi seluruh awak bus untuk memastikan stamina dan fisik yang prima. Seluruh peserta dan awak bus juga diasuransikan dan tak ketinggalan, PLN juga melakukan pengecekan kendaraan.

Mudik Seru Bareng PLN Naik Kapal

Selain mengadakan mudik gratis menggunakan moda transportasi Bus, tahun ini ada yang berbeda. PLN bekerjasama dengan Pelni untuk menyediakan moda transportasi kapal laut bagi 2.000 pemudik. Ada 3 alternatif rute yang disediakan, yakni :

  1. Jakarta – Surabaya
  2. Pontianak – Surabaya
  3. Makasar – Maumere
  4. Makasar – Bau-Bau

Untuk rute Jakarta – Surabaya, pelepasan para pemudik dilakukan oleh Deputi Infrastruktur Bisnis Hambra Samal, sementara untuk pelepasan pemudik dari Pontianak dan Makasar telah dilakukan kemarin, Selasa (28/5).

Di Makassar,  sebanyak 440 pemudik dari Program Mudik Gratis diberangkatkan dengan tujuan Maumere dan Bau-Bau. Pelepasan dilakukan oleh General Manager PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf di Kantor PLN UIW Sulselrabar.

Sementara di Pontianak, sebanyak 962 pemudik yang diberangkatkan melalui kapal Pelni KM Bukit Raya rute Pontianak menuju Surabaya.

Selain mendapatkan tiket kapal, masing-masing pemudik juga mendapatkan baju kaos dan topi serta tambahan uang saku sebagai bekal dalam perjalanan.

Menurut General Manager PLN UIW Kalbar, Agung Murdifi, program mudik bareng ini merupakan wujud kepedulian PLN terhadap masyarakat yang ingin berkumpul dan merayakan Lebaran bersama keluarga namun memiliki keterbatasan biaya.

“Kami berharap dengan adanya program mudik bareng gratis ini dapat membantu masyarakat untuk merayakan Lebaran dengan keluarganya di kampung halaman,” ungkap Agung.

Kontak :

Dwi Suryo Abdullah

Plh. Executive Vice President Corporate Communication&CSR PLN

Hp. 081392925355

Email. dwisuryo@pln.co.id