PLN Dan PT Cahaya Fajar Kaltim Tandatangani Kontrak Jual Beli Listrik PLTU Embalut Ekspansi 1x50MW

(Jakarta, 31/1) Perjanjian jual beli tenaga listrik (Power Purchase Agreement /PPA) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Embalut Ekspansi 1 x 50 MW telah ditandangani oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dengan PT Cahaya Fajar Kaltim (CFK) pada hari Selasa, 31 Januari 2012 di PLN Kantor Pusat, Jakarta.

Kesepatakan jual beli ditandatangani oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji bersama dengan Direktur Utama PT Cahaya Fajar Kaltim Zainal Muttaqien  selaku pengembang yang membangun PLTU Embalut Ekspansi. PLTU ini berlokasi di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Propinsi Kalimantan Timur. Lokasi pembangunan PLTU Embalut Ekspansi berada di komplek PLTU Embalut unit 1 dan 2 (eksisting).

Tarif dasar jual beli tenaga listrik yang disepakati dan telah mendapat persetujuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) adalah sebesar Rp 759,23/kwh (asumsi harga batubara USD 66.55/ton, dengan skema pass-through).

PLTU Embalut Ekspansi merupakan proyek dengan skema pengadaan Build, Own, Operate, and Transfer (BOOT) dimana pembangkit akan menjadi milik PLN setelah habis masa kontrak 25 tahun. Diperkirakan proyek ini akan menelan total biaya sekitar 85 juta USD. PLTU ini dijadwalkan akan mulai beroperasi komersial (Commercial Operation Date /COD) pada akhir tahun 2015. Pada saat nanti beroperasi, PLTU ini akan menyuplai energi listrik ke Sistem Kalimantan Timur sebesar 381 GWh per tahun.

Pengadaan proyek PLTU Embalut Ekspansi dilakukan melalui proses penunjukan langsung kepada PT CFK selaku pengembang PLTU Embalut Eksisting dengan mengacu kepada ketentuan yang berlaku yaitu Peraturan Menteri ESDM No. 001 tahun 2006 jo Peraturan Menteri ESDM No. 004 Tahun 2007.

PT CFK adalah pengembang pada proyek Independent Power Producer (IPP) PLTU Embalut Unit 1 dan 2 (eksisting) dengan kapasitas 2×22,5 MW. Dengan pembangunan proyek ekspansi ini maka PT CFK akan mempunyai dan mengoperasikan tambahan 1 unit pembangkit baru 1×50 MW di lokasi PLTU Embalut yang sama sehingga total kapasitas yang dikelola menjadi 95 MW.

 

 

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id