Konsorsium PT PLN Batam – PT Universal Batam Energy Pembangunan Jalur Transportasi Gas dari Pulau Pemping ke Pulau Batam

(Jakarta, 18/4) PT PLN Batam (bright PLN Batam) dan PT Universal Batam Energy (PT UBE), masing-masing secara terpisah, telah menandatangani Gas Sales Agreement (GSA) dengan Premier Oil West Natuna B.V., Natuna 1 B.V., Natuna 2 B.V. dan KUFPEC Indonesia (Natuna) B.V. pada tanggal 15 April 2008 dengan volume masing-masing GSA sebesar 20 bbtud . Sesuai GSA tersebut, bright PLN Batam dan PT UBE berkewajiban untuk membangun fasilitas transportasi gas dari delivery point (titik serah) di Pulau Pemping ke lokasi fasilitas pembangkit bright PLN Batam dan PT UBE agar dapat memanfaatkan gas dari GSA bright PLN Batam dan UBE.

Dalam rangka efisiensi dan efektivitas pembangunan fasilitas transportasi gas tersebut, bright PLN Batam dan PT UBE sepakat untuk membentuk suatu konsorsium sebagai bentuk kerjasama pembangunan fasilitas transportasi gas dari Pulau Pemping ke Pulau Batam, dimana Perjanjian Kerja Sama Konsorsium dimaksud ditanda tangani bersama oleh Direktur Utama PT PLN Batam (Dadan Koernadipoera) dan Direktur PT UBE (Arie Wibisono) dengan disaksikan oleh Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Mohammad Harry Jaya Pahlawan, pada tanggal 18 April 2012 di kantor PT PLN (Persero) Jakarta.

Fasilitas transportasi gas dari Pulau Pemping ke Pulau Batam tersebut didesain dengan kapasitas angkut sebesar 55 bbtud dengan diameter 16 inch dan panjang sekitar 15 km untuk mengalirkan gas Natuna Barat ke Pulau Batam yang akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga gas milik bright PLN Batam dan PT UBE dengan daya mampu total 200 MW selama jangka waktu masing-masing GSA yaitu 20 tahun sejak tahun 2008. Fasilitas tersebut direncanakan selesai dibangun dan onstream pada triwulan IV 2013.

Kerjasama ini akan berdampak positif terhadap keamanan dan kecukupan pasokan gas bright PLN Batam yang selama ini hanya bersumber dari Grissik, Sumatera Selatan sehingga berdampak langsung terhadap keamanan pasokan energi listrik di Pulau Batam. Rencana besar di atas merupakan upaya b’right PLN Batam dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Pulau Batam. Dengan tersedianya infrastruktur sistem kelistrikan yang cukup dan andal diharapkan dapat mendorong investasi di Pulau Batam yang pada akhirnya akan menggerakan aktifitas ekonomi di Pulau Batam dan sekitarnya.

 

 

Kontak :

______________________________

Lutfi Nazi
Sekretaris Perusahaan PLN Batam
Jl. Engku Putri No. 3 Batam.
HP   : 08129540133
Telp :  0778 – 463150 ext 127, 135, 132