Komunikasi Korporat dan CSR PLN Raih Penghargaan Prestisius

Jakarta, 31 Maret 2019 – Komunikasi Korporat dan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi salah satu tumpuan dalam mengawal citra perusahaan di mata khalayak umum, baik pihak eksternal maupun internal perusahaan. Bukti nyata Komunikasi Korporat dan CSR PLN berhasil mengawal citra perusahaan dengan strategi komunikasi yang apik adalah peraihan penghargaan dari lembaga prestisius di Indonesia, yakni pada ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2019 di Jakarta (27/3) untuk CSR dan PR Indonesia Awards (PRIA) 2019 di Bandung (28/3) untuk Komunikasi Korporat dan Kehumasan.

PLN berhasil memperoleh penghargaan dari PRIA 2019 dengan kategori sebagai berikut:
1. Bronze Winner Kategori Media Cetak: FOKUS (Majalah Internal PLN) Edisi Desember 2018
2. Silver Winner Kategori Annual Report: Annual Report PLN 2017
3. Silver Winner Kategori Brand Visual Identity: Panduan Identitas Perusahaan PLN
4. Pemenang Terpopuler Kategori BUMN Non Tbk. Kategori ini dinilai berdasarkan hasil monitoring terhadap lembaga, kementerian, dan korporasi yang memiliki eksposur tertinggi selama setahun belakangan di lebih 150 media cetak se-Indonesia.

Selain PLN sebagai holding, anak usaha PLN, yakni PT Indonesia Power dan PLN Batam turut memperoleh penghargaan Pemenang Terpopuler. Adapun PT Indonesia Power juga meraih Gold Winner untuk Kategori Departemen PR.

Penilaian untuk PRIA 2019 dilihat dari sisi program maupun konten PR yang kreatif dan inovatif dimana bertujuan untuk mendorong tugas dan fungsi PR agar memiliki posisi yang lebih strategis di mata manajemen.

Sementara itu, pada ajang IGA 2019, PLN memperoleh sembilan penghargaan sebagai berikut:
1. General Manager PT PLN Pembangkitan Tanjung Jati B, Jepara, Jawa Tengah, Komang Paramita – Kategori Eksekutif Milenium. Atas upayanya dalam pemanfaatan kotoran ternak melalui program Biogas Tabung Dotuman di Tanjung Jati. Program ini merupakan kegiatan CSR yang bertujuan untuk mengurangi gas metan, mengonversi pupuk kimia menjadi organik dan LPG menjadi biogas, serta untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
2. Power Bank Energi Biru Jakarta oleh PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya – Kategori Mempelopori Pencegahan Polusi.
3. Sampah Plastik di Tangan Perempuan oleh PLN UID Jawa Timur – Kategori Penanganan Sampah Plastik.
4. Menjaga Air Siluk untuk Kehidupan oleh PLN UID Jawa Tengah & DIY – Kategori Penyelamatan Sumber Daya Air.
5. Program Konversi BBM Solar ke CPO pada PLTD Bangka Belitung oleh PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung – Kategori Mengembangkan Rekayasa Teknologi Energi Baru
6. Pengembangan Teknologi PLTD Hybrid PLTS untuk Menghemat Konsumsi BBM oleh PLN UIW Bangka Belitung – Kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi.
7. Pengelolaan Sampah Terpadu Karuwusi oleh PLN UIW Sulselrabar – Kategori Pengelolaan Sampah Terpadu.
8. Mendulang Asa di Sebalang oleh PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan – Kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati.
9. Liquid Biogas Dotuman, Solusi Pencegah Polusi oleh PLN Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B – Kategori Mempelopori Pencegahan Polusi.

Indonesia Green Awards merupakan ajang penghargaan tahunan yang diinisiasi La Tofi Shcool of CSR. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kegiatan CSR terhadap perushaan yang memiliki kepedulian dan berdampak luas terhadap lingkungan dan masyarakat.

Di lain kesempatan, Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN menyampaikan bahwa perolehan penghargaan ini menjadi tanda bahwa Komunikasi Korporat dan CSR di PLN sebagai salah satu bagian di perusahaan yang dapat menunjang efek positif bagi keberlanjutan PLN, “Dengan diraihnya penghargaan dari lembaga-lembaga prestisius di Indonesia ini untuk Corporate Communication & CSR PLN, menjadi bukti bahwa PLN terus menjaga citra positif perusahaan demi membangun kepercayaan publik yang dapat memberikan efek positif bagi kelanjutan perusahaan. Hal ini juga merupakan pencapaian bagi seluruh unit PLN yang telah berpartisipasi aktif dalam menyuarakan isu-isu positif dan menggerakkan kegiatan yang dapat memberdayakan masyarakat,” ujar Made.

Kontak:
I Made Suprateka
Executive Vice President Corporate Communication & CSR
Tlp. 021 7261122
Hp. 0811194260
Facs. 021 7227059
Email. suprateka@pln.co.id