PENANDATANGANAN POWER PURCHASE AGREEMENT (PPA) PROYEK IPP PLTU BANTEN (1 x 660 MW) PT PLN (PERSERO) DAN PT. LESTARI BANTEN ENERGI

(Jakarta, 10/07) Dalam upaya untuk terus meningkatkan kapasitas pasokan listrik, utamanya pasokan listrik pada sistem kelistrikan Jawa-Bali, maka PT PLN (Persero) pada hari ini, Selasa (10/07) menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (Power Purchase Agreement/PPA) PLTU Banten berkapasitas 1 x 660 MW dengan PT. Lestari Banten Energi (PT. LBE). PLTU Banten ini akan dibangun oleh PT. LBE di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Penandatanganan PPA PLTU Banten 1 x 660 MW (IPP) ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dengan Direktur Utama PT LBE, Wandy Wanto. Pengadaan proyek ini dilakukan melalui proses pelelangan umum dengan skema BOOT (Build, Own, Operate & Transfer), di mana pembangkit ini nantinya akan menjadi milik PLN setelah habis masa kontrak 25 tahun. Proyek ini akan dibangun tanpa Jaminan Pemerintah (Government Guarantee) dan dijadualkan Financing Date akan tercapai dalam tempo 12 (dua belas) bulan setelah penandatanganan PPA.

PLTU Banten ini nantinya akan mensuplai energi listrik ke Sistem Jawa – Bali sebesar ± 4.380 GWh per tahun, dan dijadwalkan akan mulai beroperasi komersial (COD = Commercial Operation Date) 57 (lima puluh tujuh) bulan setelah ditandatanganinya PPA. Tarif dasar jual beli tenaga listrik yang disepakati, dan telah mendapat persetujuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), adalah sebesar 5.9999 cUSD/kWh. Untuk proyek ini, sesuai proposalnya, LBE akan memasang mesin/peralatan boiler dengan teknologi supercritical boiler dan diperkirakan proyek ini akan menelan total biaya investasi sekitar 1 Milyar USD.

Direktur Utama PLN, Nur Pamudji berharap dengan ditandatanganinya PPA antara PLN dengan PT. LBE, maka proses pembangunan PLTU Banten dapat segera dilakukan. “Setelah adanya PPA yang kita tandatangani hari ini, semoga pihak PT. LBE dapat segera melakukan proses pembangunan PLTU Banten dengan kapasitas 660 MW, karena dengan semakin cepatnya PLTU ini dapat dibangun dan dioperasikan, maka tentunya pasokan listrik di sistem Jawa Bali akan semakin andal dan membantu PLN dalam menekan rasio penggunaan BBM” tegas Nur Pamudji. **)

Contact Person :
PLN PT Lestari Banten Energi
Bambang Dwiyanto Aska Martalia
Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Telp : 08118075596
Telp : (021)7251234, 7261122. HP : 08112294211 Email : aska.martalia@gentingenergy.com
E-mail : bambang.dwiyanto@pln.co.id