968 KK di Kabupaten Biak Nikmati Penerangan dengan PLTS SEHEN Mandiri

(Jakarta, 4/9) Sebanyak 968 Kepala Keluarga yang berada di distrik Aimundo dan distrik Padaido, Kabupaten Biak Numfor mulai menimati layanan penerangan dari PLN melalui kehadiran PLTS SEHEN (Super Ekstra Hemat Energi) Mandiri. Peresmian penggunaan PLTS ini dilakukan oleh Bupati Biak Numfor, Yusuf Melianus Maryen bersama General Manager PLN Wilayah Papua & Papua Barat (WP2B), Robert Sitorus, Senin (3/9) di kampung Pasi, distrik Aimando Kabupaten Biak Numfor, yang berjarak tempuh 1,5 jam perjalanan laut dengan menggunakan transportasi Speed Boat dari pusat kota Biak. Acara peresmian penggunaan PLTS SEHEN Mandiri ini turut dihadiri oleh jajaran Muspida kabupaten Biak Numfor serta jajaran Manajemen PLN WP2B dan disaksikan oleh masyarakat setempat.

“Pemasangan Lampu SEHEN telah dilakukan secara bertahap sejak bulan Juni 2012 hingga seluruh rumah di kedua distrik diatas mendapatkan penerangan, dikatakan juga bahwa di 2 kabupaten telah dipasangi Lampu Sehen Sebanyak 968 set, masing-masing 709  set di distrik Aimundo yang memiliki 11 kampung dan 259 set di distrik padaido di 4 kampung” ujar Syaifuddin, Manajer Area Biak.

GM PLN WP2B, Robert Sitorus menyatakan bahwa PLTS SEHEN Mandiri adalah sebagai  bentuk komitmen PLN dalam melistriki seluruh wilayah di propinsi Papua & Papua Barat yang selama ini belum menikmati  layanan listrik PLN, khususnya daerah kepulauan atau isolated  seperti yang ada di kabupaten Biak Numfor. “Untuk melayani daerah-daerah yang isolated yang banyak terdapat di Papua & Papua Barat, PLN hadir memberikan layanan penerangan bagi masyarakat melalui PLTS SEHEN Mandiri. Ini sebagai langkah awal, sambil kami melihat untuk mengembangkan potensi sumber daya alam lainnya untuk dikembangkan menjadi sumber listrik” jelas Robert Sitorus.
 
Program PLTS SEHEN Mandiri ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat, salah satunya dengan bentuk pembayaran deposit untuk 3 bulan pemakaaian sebanyak Rp. 105.000,- (Rp. 35.000/bulan ) untuk 1 set PLTS SEHEN Mandiri yang dipasang dan untuk bulan berikutnya diharapkan partisipasi positif dari masyarakat. “Pemerintah berharap agar masyarakat dapat menjaga penerangan yang sudah ini dengan sebaik-baiknya. Kami berharap PLN dan Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dapat terus bersama-sama bersinergi untuk membawa terang bagi masyarakat yang ada di tempat kami” pesan Bupati Biak Numfor, Yusuf Melianus Maryen.

Pada kesempatan ini pula, masyarakat distrik Aimando dan distrik Padaido yang diwakili oleh Kafiar, tokoh masyarakt setempat juga menghibahkan Tanah Ulayat kepada PLN yang diterima GM PLN WP2B untuk digunakan membangun PLTS berkapasitas 150 kWp yang membutuhkan lahan seluas 2000 m2. Hal ini sebagai bentuk partisipasi dan dukungan penuh mayarakat terhadap pembangunan PLTS di daerah mereka. 
                                                                       ——— 000 ————

Contact Person :
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
HP : 08112294211. E-mail : bambang.dwiyanto@pln.co.id