PLN Gelar Workshop Nasional Pelayanan Kelistrikan yang Bebas Korupsi

(Jakarta, 25/6) Hari ini, Jumat 28 September 2012, PLN bersama Transparency International Indonesia (TII) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengadakan Workshop Nasional dengan tema “Menuju Pelayanan Jasa Kelistrikan yang Bebas Korupsi”. Workshop Nasional ini diikuti para peserta seperti YLKI, Yayasan Lembaga Konsumen Daerah (Medan, Menado, Semarang, Lampung, Ponorogo, Balikpapan, Kupang, Makassar, Palembang), pelanggan PLN golongan bisnis dan rumah tangga, dan mitra kerja PLN (AKLI, AKLINDO, PAKLINA, Asosiasi Surveyor, Jasa Outsourcing) dan vendor pelayanan pelanggan serta kalangan internal PLN. Tujuan workshop adalah untuk memperoleh masukan dari kalangan stakeholders yang terkait langsung dengan pelayanan jasa kelistrikan untuk mewujudkan pelayanan jasa kelistrikan yang bebas korupsi.

Hadir dan berbicara pada acara ini Direktur Utama PLN Nur Pamudji, Teten Masduki dari TII dan Ketua Pengurus Harian Yayasal Lembaga Konsumen Indonesia Sudaryatmo
Pelayanan pelanggan menjadi tema sentral dalam acara ini. Sebagai perusahaan listrik negara, PLN harus melayani 48 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Dengan 44 juta pelanggan merupakan golongan rumah tangga. Dari jumlah tersebut, ada pelanggan PLN belum semuanya mendapatkan hak-hak sebagai konsumen secara optimal seperti mendapatkan informasi, mendapatkan layanan dan penyelesaian gangguan yang terukur baik secara kepastian prosedur pelayanan dan pembiayaan.

Untuk itu perlu ada upaya perbaikan dalam proses pelayanan pelayanan pelanggan, dalam bentuk penyederhanaan birokrasi pelayanan menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan biaya dan prosedur yang pasti.

Workshop Nasional ini menjadi sarana bagi PLN dan para pihak yang terlibat dalam pelayanan pelanggan untuk merumuskan rekomendasi-rekomendasi penyederhanaan birokrasi dalam proses pelayanan pelanggan. Sekaligus sebagai upaya tetap mempertahankan komitmen PLN dalam menerapakan prinsip Good Corporate Governance dan anti korupsi dalam pengusahaan penyediaan listrik.

Workshop Nasional ini merupakan bagian dari program “PLN Bersih” (www.plnbersih.com) dibawah koridor kerjasama PLN dengan TI Indonesia. Sebagaimana diketahui sejak Maret 2012 lalu PLN menjalin kerja ama denga TI Indonesia untuk mereview proses pengadaan dan proses pelayanan pelanggan. Kerja sama ini bertujuan untuk memastikan bahwa PLN dalam menjalankan usahanya menyediakan listrik bagi masyarakat luas sungguh-sungguh menerapkan praktek GCG dan anti korupsi. Kerjasama yang dibangun meliputi reformasi dalam pengadaan barang dan jasa serta reformasi di sisi pelayanan pelanggan.

Kontak :

______________________________

Bambang Dwiyanto

Manajer Senior Komunikasi Korporat

Tlp. 021 7261122

Facs. 021 7227059

Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id