KNIFE 2012 Knowledge, Norm discussion forum, Innovation contest, Festival and Exhibition

Pada hari Rabu, tanggal 10 Oktober 2012, Asisten Deputi Produktivitas Riset Iptek Industri Kementerian Negara Riset & Teknologi Republik Indonesia, Dr. Erry Ricardo Nurzal, MT. MPA membuka secara resmi KNIFE dan Pameran Karya Inovasi 2012, yang bertemakan : ”Implementasi Knowledge Management untuk kemandirian Teknologi PT PLN (Persero).”

KNIFE ini merupakan kependekan dari Knowledge, Norm discussion forum, Innovation contest, Festival and Exhibition merupakan suatu forum di internal PLN yang mengkolaborasi kegiatan Knowledge Sharing, Forum Diskusi Standardisasi PLN, Lomba Karya Inovasi, Forum Diskusi Inovasi dan Pameran Karya Inovasi serta olimpiade sain dan teknologi dalam bahasa Inggris.

PLN dalam memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke 67, yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2012, menyelenggarakan KNIFE ke-3, yang dimaksudkan sebagai ajang berbagi pengetahuan dan sekaligus memberikan penghargaan bagi pegawai-pegawai PLN yang kreatif. Harapan selanjutnya KNIFE merupakan kegiatan tahunan untuk membentuk budaya pengetahuan yang menghasilkan produk inovasi di lingkungan PLN.

Kegiatan Knowledge sharing yaitu kegiatan berbagi pengetahuan antar pegawai PLN dan tema yang diambil tahun ini adalah “Mobil Listrik”. Dari perkembangan mobil listrik diharapkan seluruh insan PLN siap untuk menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan dan siap untuk mengembangkan penjualan kelistrikan terhadap hal-hal yang baru.

Selanjutnya dalam forum diskusi standardisasi, PLN mensosialisasikan standar perusahaan untuk Pengaturan Batas Harmonisa dan Meter Energi Pra bayar Phase 3 (tiga).

Seperti diketahui bahwa sampai saat ini PLN telah menerapkan meter energi pra bayar phase tunggal dengan jumlah mencapai hampir 5 (lima) juta pelanggan. Kesuksesan pada penerapan pelanggan satu phase ini akan diterapkan untuk pelangggan phase 3 (tiga).

Lomba Karya Inovasi merupakan ajang untuk menampilkan karya inovasi dari masing-masing unit di PLN yang dibagi ke dalam 4 bidang yaitu: pembangkitan, transmisi dan distribusi, technical supporting dan non technical supporting. Jumlah Karya inovasi PLN seluruh Indonesia yang dipertandingkan tahun ini berjumlah 207 karya inovasi. Dan sejak tahun 1999 inovasi dilombakan di PLN hingga saat ini telah mencapai 1.871 karya inovasi. Seluruhnya adalah karya inovasi dari pegawai PLN. Adapun produk karya Inovasi yang akan diluncurkan tahun ini yaitu, Smart UFR, Automatic Tape Roller, PD Test, Cipanik, Mantel Lindu dan Klik OK.

Science and Technology in English (dikenal sebagai English Olympiade) merupakan kegiatan lomba sekaligus knowledge sharing kelistrikan dalam bahasa Inggris. Kegiatan ini merupakan wahana untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan berbahasa Inggris, dimana diharapkan nantinya para pegawai (terutama yang yunior) dapat menguasai penggunaan bahasa asing yang banyak dipergunakan pada manual book dan mampu berbicara dalam forum-forum internasional.

Sementara itu untuk Knowledge Sharing akan mengundang para pembicara dari PLN dan luar PLN yaitu :

  • Ir. Adi Santoso, MSc. (Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik – LIPI) – Penguasaan Teknologi (batere, peralatan charger, dll) dan peluang pengembangannya
  • Mario Rivaldi, BSc. (PT. BETRIX INDONESIA) – Kesiapan industri menghadapi Era Electric Vehicle (EV) dan kebutuhan regulasi serta insentif dari Regulator untuk mewujudkan industri EV yang sustainable 
  • Bagus Setiawan, ST.,MBA. (PLN) – Corporate Intens – 

Dalam Kegiatan KNIFE ini, diadakan pameran hasil karya inovasi yang diikuti oleh unit-unit PLN dan anak perusahaan PLN, kegiatan ini menjadi ajang menampilkan karya inovasi dari unit-unit PLN yang semua itu adalah sarana yang dapat digunakan PLN untuk mempercepat kemandirian teknologi dan efisiensi di PLN. Juga beberapa lembaga pemerintah seperti Dirjen HKI, RISTEK, BPPT dan perguruan tinggi di Jabotabek seperti UI, STT PLN menjadi peserta pameran karya Inovasi.

Hal yang menarik dalam kegiatan KNIFE 2012, akan dihadiri oleh perwakilan dari Forum HEADS OF ASEAN POWER UTILITIES/AUTHORITIES (HAPUA). Beberapa negara yang tergabung dalam Forum HAPUA hadir untuk menyaksikan kegiatan KNIFE, karena baru Perusahaan kelistrikan di Indonesia yang pertama kali menerapkan kegiatan Festival Knowledge Management.

Kontak :

________________________________

Bambang Dwiyanto

Manajer Senior Komunikasi Korporat

Tlp. 021 7261122

Facs. 021 7227059

Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id