PLN Miliki 1000 Anggota Pasukan Khusus untuk Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan

(Semarang, 9/11) Direktur Utama PLN, Nur Pamudji melakukan pengukuhan terhadap 14 Tim “Pasukan Khusus” untuk Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) yang baru dibentuk dilingkungan PT PLN (Persero), yang terdiri atas : 2 Tim PDKB Tegangan Tinggi, 5 Tim PDKB Gardu Induk dan 7 Tim PDKB Tegangan Menengah. Acara pengukuhan 14 Tim PDKB ini dilakukan Jumat (9/11) di Unit Pendidikan dan Pelatihan PLN, Semarang, dalam rangkaian acara Konvensi PDKB tahun 2012. Dengan dikukuhkannya 14 Tim PDKB tersebut, maka PLN saat ini telah memiliki 96 Tim PDKB sejak sejak pertama kali dibentuk tahun 1993, dimana tersebar di seluruh unit PLN dari Aceh hingga Papua dengan total 1000 anggota dengan kompetensi yang khusus, yaitu melakukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan.

Ketua Komite PDKB PLN, Agoes Priambodo menyatakan bahwa keberadaan PDKB adalah untuk membantu meningkatkan kinerja perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Tim PDKB dapat bekerja dalam keadaan bertegangan, yaitu aliran listrik tetap dapat disalurkan kepada pelanggan tanpa harus dipadamkam. Ini berarti pelanggan dapat terus melakukan aktifitasnya tanpa terganggu padamnya listrik dan di satu sisi PLN juga tidak kehilangan potensi pendapatannya karena listrik dapat terus disalurkan kepada pelanggan” ujar Agoes Priambodo yang juga adalah Kepala Divisi Transmisi pada Direktorat Operasi PLN Jawa Bali.

Dalam kegiatan Konvensi PDKB 2012 ini, selain pengukuhan terhadap 14 Tim PDKB baru, juga sebelumnya telah dilakukan beberapa kegiatan, seperti : Bakti PDKB pada hari Rabu (7/11) berupa pekerjaan pada transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di tower 204 daerah pantai Glagah, Jogjakarta dan tower 255 tiang transposisi untuk transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV di Pedan – Tasik 2. Sedangkan pada hari Kamis (8/11) dilakukan pekerjaan pemeliharaan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20 kV pada 6 lokasi yang berada di sekitar kawasan Simpang Lima, Semarang.

Pada kesempatan puncak acara Konvensi PDKB tahun 2012 yang dihadiri diikuti 400 Anggota PDKB PLN dari seluruh Indonesia, juga dilakukan pengukuhan Direktur Utama PLN, Nur Pamudji sebagai Anggota Kehormatan PDKB oleh Ketua Komite PDKB PLN, Agus Priambodo. Pengukuhan Direktur Utama PLN sebagai Anggota Kehormatan PDKB ini ditandai dengan atraksi “Sentuh Langsung” pada jaringan SUTM 20 kV yang dilakukan oleh Direktur Utama PLN, Nur Pamudji.

“Prestasi Tim PDKB dalam 5 tahun ini yang “Zero Accident”, adalah bukti dari kepatuhan para petugas akan pentingnya Keselamatan dalam Kerja. Untuk itu agar Tim PDKB terus mematuhi dan bekerja sesuai Standar Operation Procedure (SOP) yang ada serta terus meningkatkan Kompetensi Teknis yang dimiliki” ujar Direktur Utama PLN, Nur Pamudji dihadapan peserta Konvensi PDKB.

Tahun 2011 lalu, kontribusi Tim PDKB secara nasional bagi kinerja PLN adalah melakukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan sehingga saat pekerjaan berlangsung pelanggan tidak mengalami pemadaman dan mampu menyelamatkan energi yang disalurkan kepada pelanggan, baik untuk Tegangan Tinggi (TT) maupun Tegangan Menengah (TM) adalah 228 milyar rupiah. Sedangkan hingga Semester I tahun 2012, telah dilakukan pekerjaan PDKB dengan nilai penyelamatan energi yang disalurkan kepada pelanggan mencapai 650 milyar rupiah. (****)

Contact Person : Bambang Dwiyanto Manajer Senior Komunikasi Korporat HP : 08112294211. E-mail : bambang.dwiyanto@pln.co.id