PT PLN (Persero) Implementasikan PLN Corporate University

Jakarta (14/11). Pada hari ini Rabu 14 November 2012 PT PLN (Persero) melalui PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PLN Pusdiklat) meluncurkan implementasi PLN Corporate University guna mempersiapkan potensi anggota perusahaan yang tidak hanya kompeten, namun juga beyond professional. Peluncuran dilakukan Direktur Utama PLN Nur Pamudji di kantor PLN Pusdiklat Jakarta.

Corporate University merupakan satu alat stratejik PLN guna mengintegrasikan semua sumberdaya pembelajaran, proses dan orang (people) di perusahaan, sehingga memungkinkan terwujudnya kinerja terbaik dengan terus menerus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku orang dalam lingkungan ekosistem bisnis. Nur Pamudji mengatakan, layaknya sebuah university, PLN akan menciptakan iklim/suasana pembelajaran yang dibutuhkan oleh setiap insan secara proaktif dalam rangka memberikan kontribusi yang optimal bagi kemajuan korporat.

Penerapan konsep corporate university di PLN didasari pertimbangan :

  • Merupakan pengejawantahan cita-cita membangun organisasi pembelajar di PLN sebagaimana di tercantum dalam Rencana Jangka Penjang (RJP) PLN.
  • Perlunya melakukan integrasi berbagai program Diklat dengan program Direktorat/Divisi sebagai pemilik proses bisnis, sehingga pelatihan yang diselenggarakan berorientasi pada usaha peningkatan kinerja korporat secara signifikan, sekaligus membangun kultur baru selaras dengan tata nilai perusahaan. 

“Salah satu peran dari PLN Corporate University adalah menselaraskan kebutuhan korporat dengan kebutuhan pembelajaran melalui sistem informasi yang terintegrasi. Melalui implementasi PLN Corporate University ini, PLN akan terus mendorong munculnya para pemimpin-pemimpin PLN masa depan yang profesional, selanjutnya saya berharap akan semakin banyak orang-orang PLN yang memiliki sertifikat atau kompetensi nasional/internasional,” kata Nur.

Dengan adanya PLN Corporate University, kata Nur, PLN tidak cukup berfokus pada pembelajaran pegawainya yang mencapai 40 ribu orang ditambah tenaga outsourcing yang mencapai 70 ribu orang, namun juga harus diperluas sampai pelanggan, pemasok, dan masyarakat.

“Pengelolaan pembelajaran di PLN saat ini sudah jauh berbeda dengan dahulu, saat ini sudah menjadi organisasi pembelajar yang sangat tertata, sangat maju, dan memiliki sistem informasi yang modern dan dapat diakses oleh seluruh pegawai. Pengembangan kompetensi tenaga kerja outsorcing juga akan menjadi perhatian PLN,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala PLN Pusdiklat, Suharto mengatakan institusinya sudah berbenah diri melakukan standarisasi program-program pembelajaran, dan menselaraskan pembelajaran dengan program-program sertifikasi kompetensi terakreditasi, serta meningkatkan profesionalisme para pengelola pembelajaran. “Berdasarkan hasil customer voice PT PLN (Persero) Pusat Pendidikan dan Pelatihan, saat ini ekspektasinya sudah bergeser pada sertifikasi dan akreditasi (recognition). Guna mendukung PLN Corporate University, PLN Pusdiklat akan memberikan nilai-nilai baru kepada pelanggannya, yaitu: Simple, Inspiring, Performing, dan Phenomenal dalam rangka mewujudkan the centre of excellence in learning,” tutur Suharto.

Corporate University merupakan sebuah engine yang mentransformasikan strategi bisnis PLN ke dalam program-program diklat atau assessmen untuk peningkatan kualitas kepemimpinan, peningkatan kompetensi, dan menumbuhkan budaya berkinerja tinggi.
Saat ini, beberapa Unit Pendidikan dan Pelatihan (Udiklat) ditetapkan dan difokuskan untuk menjadi akademi-akademi sesuai dengan proses bisnis perusahaan, yaitu :

1. Primary Energy & Power Generation Academy pada PLN Udiklat Suralaya
2. Transmission & Live Line Maintenance Academy pada PLN Udiklat Semarang
3. Distribution & Commerce Academy pada PLN Udiklat Pandaan
4. Project Academy pada PLN Udiklat Bogor
5. Renewable Energy Academy pada PLN Udiklat Makassar
6. Leadership Academy pada PLN Udiklat Jakarta
7. Corporate Culture Academy pada PLN Udiklat Jakarta

Kontak :

Bambang Dwiyanto

Manajer Senior Komunikasi Korporat

Tlp. 021 7261122

Facs. 7227059

Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id