3rd Asia Corporate University Summit

(Jakarta, 20/3) Asia Corporate University Summit kembali digelar untuk yang ketiga kalinya. Kali ini giliran PT PLN (Persero) menjadi tuan rumah bagi 150 delegasi dari 10 negara di Asia. Dengan tema Energizing Organization Performance through Structured Corporate University Initiatives, acara ini digelar selama 2 hari, Rabu dan Kamis, 20 hingga 21 Maret 2013 di PLN Kantor Pusat, Jakarta.

Acara ini mempertemukan para, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), Manajer Pendidikan Dan Pelatihan, pengusaha, dan mahasiswa dari berbagai perusahaan untuk membangun hubungan dan kerja sama dengan komunitas corporate university di asia.

“Saya percaya mereka semua datang ke sini untuk belajar dari para ahli yang sudah pengadopsi Corporate University. Tentang bagaimana memberikan energi untuk kinerja organisasi dengan memperkenalkan, mengintegrasikan, menerapkan dan mempertahankan Corporate University Initiative”, kata Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Dan Umum PLN, Eddy Erningpraja.

Menurut Edddy program pembelajaran di corporate university memiliki hubungan yang erat untuk mencapai visi perusahaan melalui sistem sumber daya manusia yang terintegrasi. Saat ini, PLN sedang berfokus pada perubahan program pembelajaran dari berbasis kompetensi menjadi berbasis kinerja. “Program pembelajaran tidak hanya berakhir di kelas, tetapi harus diterapkan di tempat kerja. Setiap rupiah yang dihabiskan untuk program pembelajaran harus ada ukuran untuk produktivitas”, tegas Eddy.

Sementara itu, Direktur Human Capital & General Affair Telkom, Priyantono Rudito, menyatakan bahwa perusahaan yang menerapkan corporate university harus mempunyai komitmen kuat dalam pelaksanaannya. “Corporate University dapat mendukung perusahaan kita dalam meningkatkan pembelajaran, perubahan dan kinerja dari organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan dan objektif perusahaan”, ungkap Priyantono.

Pembukaan Asia Corporate University Summit yang ketiga ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina, Evita M. Tagor. Yang dilanjutkan dengan presentasi dari para pembicara diantaranya Head of Peking University Enterprise & Education Research Center, Mr. Wu Feng, CEO of Krempl Communications International, Stephen Krempl, dan Founder/CEO of Dibta Group, Prim Kumar.

Corporate University PLN

Corporate University merupakan satu alat strategi guna mengintegrasikan semua sumberdaya pembelajaran, proses dan orang di perusahaan, sehingga memungkinkan terwujudnya kinerja terbaik dengan terus menerus meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku orang dalam lingkungan ekosistem bisnis.

Corporate University merupakan sebuah engine yang mentransformasikan strategi bisnis ke dalam program-program diklat atau assessmen untuk peningkatan kualitas kepemimpinan, peningkatan kompetensi, dan menumbuhkan budaya berkinerja tinggi.

Penerapan konsep corporate university di PLN didasari pertimbangan :

  1. Merupakan pengejawantahan cita-cita membangun organisasi pembelajar di PLN sebagaimana di tercantum dalam Rencana Jangka Penjang (RJP) PLN.
  1. Perlunya melakukan integrasi berbagai program Diklat dengan program Direktorat/Divisi sebagai pemilik proses bisnis, sehingga pelatihan yang diselenggarakan berorientasi pada usaha peningkatan kinerja korporat secara signifikan, sekaligus membangun kultur baru selaras dengan tata nilai perusahaan.

Saat ini, beberapa Unit Pendidikan dan Pelatihan (Udiklat) ditetapkan dan difokuskan untuk menjadi akademi-akademi sesuai dengan proses bisnis perusahaan, yaitu :

1. Primary Energy & Power Generation Academy pada PLN Udiklat Suralaya

2. Transmission & Live Line Maintenance Academy pada PLN Udiklat Semarang

3. Distribution & Commerce Academy pada PLN Udiklat Pandaan

4. Project Academy pada PLN Udiklat Bogor

5. Renewable Energy Academy pada PLN Udiklat Makassar

6. Leadership Academy pada PLN Udiklat Jakarta

7. Corporate Culture Academy pada PLN Udiklat Jakarta

Kontak :
Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id