Daerah Padam Akibat Gangguan Trafo Di GITET Cawang Sudah Menyala Semua

(Jakarta, 2 Oktober 2013) Tepat pukul 21.45 WIB daerah-daerah padam listrik di sebagian wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan akibat gangguan trafo interbus (IBT 2) di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cawang telah menyala semua.

Sebagaimana diketahui, pada hari Rabu 2 Oktober 2013 jam 19.54 terjadi gangguan pada salah satu trafo interbus di GITET Cawang. Trafo itu terbakar dan padam. Hal ini menyebabkan beberapa daerah mengalami pemadaman yaitu Duren Tiga, Mampang, Taman Rasuna, Antasari, Cipinang, Pulomas dan Manggarai. Total beban padam sekitar 270 Mega Watt (MW).

PLN mohon maaf atas kekurangnyamanan ini.

Petugas PLN bergerak cepat mengalihkan pasokan listrik (manuver beban) ke daerah-daerah tersebut dari GITET lain di sekitar Cawang. Proses pengalihan beban berjalan lancar dan mulai jam 21.00 WIB daerah yang padam secara bertahap mulai menyala dan pada jam 21.45 WIB semua daerah tersebut telah menyala semua.

Penyebab terjadinya gangguan di IBT 2 GITET Cawang masih diselidiki.

GITET Cawang adalah salah satu pintu masuknya listrik dari sistem kelistrikan Jawa Bali ke Jakarta. GITET Cawang terdiri dari dua IBT. Beban puncak Jakarta sekitar 5.500 MW.

Selain melalui GITET Cawang, Jakarta juga disuplai melalui GITET  Depok, Bekasi, Gandul, Balaraja, Kembangan, Cibinong.

Disamping itu juga ada PLTGU Muarakarang dan PLTU Tanjung Priok dan langsung memasok listrik ke Jakarta.**)

Kontak :

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id