Pasokan Listrik Bandara Soetta Sudah Normal

Jakarta (12/11) Pasokan listrik ke wilayah Cengkareng dan sekitarnya yang sempat terhenti akibat gangguan pada jaringan transmisi listrik Duri Kosambi – Cengkareng pada Senin, 11 Nopember 2013 jam 14.00 WIB telah normal kembali sepenuhnya. Sesaat setelah kejadian kemarin, PLN langsung melakukan manuver/pengalihan beban. Beban yang biasanya dipikul oleh sub system kelistrikan Duri Kosambi –Cengkareng dialihkan ke sub system Balaraja. Namun karena sub system Balaraja tidak bisa menanggung semua beban yang ada sehingga diprioritaskan yang dinyalakan terlebih dahulu adalah obyek vital seperti bandara Soekarno Hatta. Bandara menyala kembali 15 menit kemudian.

Di beberapa wilayah lain kemudian dilakukan pengurangan beban sementara sambil menunggu siap beroperasinya PLTU Lontar di Teluk Naga, Tangerang yang kemudian menyala pagi ini.

Gangguan yang terjadi kemarin, diakibatkan adanya sambaran petir yang besar di GI Cengkareng yang menyebabkan putusnya ground wire (pelindung kabel penghantar) yang kemudian menimpa kabel jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Duri Kosambi -Cengkareng.

Bandara Soekarno Hatta secara khusus mendapat pasokan listrik PLN dari 3 GI, yakni GI Cengkareng, GI Tangerang Lama, dan GI Teluk Naga. Ketiga GI ini terhubung dalam satu sub sistem kelistrikan. Dengan kejadian ini PLN berencana akan kembali memperkuat pasokan listrik ke bandara international tersebut.

Sebagai antisipasi menghadapi perubahan cuaca ekstrem belakangan ini yang diiringi dengan petir dalam ukuran besar yang berpotensi mengganggu jaringan transmisi listrik, PLN juga berencana  melakukan penggantian ground wire di GI Cengkareng dengan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya.

Kontak :

Bambang Dwiyanto
Manajer Senior Komunikasi Korporat
Tlp. 021 7261122
Email. bambang.dwiyanto@pln.co.id