Warta PLN || 13 Jun 2019

PLN Bangun Negeri Lewat Kuliah Umum di Universitas Cenderawasih

Bagikan:


Jayapura, 12 Juni 2019 – Persiapkan generasi muda dalam membangun negeri, PLN selenggarakan Kuliah Umum di Aula Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih (FT Uncen), Jayapura, Rabu (12/6). Mengusung tema “PLN Bangun Negeri”, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan mahasiswa sebagai generasi muda bangsa tentang ketenagalistrikan.

Dibuka oleh Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo, kuliah umum diikuti lebih dari 100 peserta yang terdiri dari 60 mahasiswa Program D3 Kelas Kerja Sama Angkatan I-III, 10 rekrutmen PLN tingkat S1 Angkatan 66 dan 20 mahasiswa Program D4 Beasiswa.

Kuliah Umum diisi oleh pemateri dari jajaran manajemen PLN, yakni Executive Vice President (EVP) Talent Development PLN Karyawan Aji,  EVP Pengembangan Regional Maluku Papua (PR-MP) Eman Prijono Wasito Adi dan EVP Operasi Regional Maluku Papua (OR-MP) Indradi Setiawan.

Dalam sambutannya, Rektor Uncen mengatakan, dunia pendidikan saat ini ditantang untuk melakukan reorientasi dengan mengikuti perkembangan zaman. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM ke depannya. Ia juga memaparkan, untuk mengukur masa depan suatu bangsa, hanya cukup melihat generasi muda saja karena generasi mudalah menjadi faktor terpenting dalam pembangunan suatu bangsa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang membantu Universitas Cenderawasih untuk membangun serta mempersiapkan generasi muda dalam membangun Tanah Papua. Saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0, sehingga kita harus mempersiapkan SDM yang terbaik untuk dapat bersaing di luar sana,” ujar Paolo.

Dalam paparannya, Karyawan Aji menjelaskan kepada peserta mengenai pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia. Dirinya mengungkapkan, pembangunan infrastruktur membutuhkan SDM yang berkompeten agar dapat berjalan dengan baik.

“Listrik menjadi faktor penting untuk kehidupan kita lebih baik ke depannya, karena saat ini aktivitas kita sudah sangat tergantung kepada energi listrik. Kami dari PLN pun terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan agar pertumbuhan dari berbagai sektor baik perekonomian, pendidikan dan yang lainnya dapat terus maju,” kata Karyawan Aji.

Pada paparan selanjutnya, EVP PR-MP dan EVP OR-MP menyampaikan tentang kondisi kelistrikan di Papua dan Papua Barat saat ini dan juga pembangunan yang akan dilakukan oleh PLN di Tanah Papua.

“Hingga saat ini, beban puncak di Papua dan Papua Barat telah mencapai 286,67 MW (Megawatt) dengan cadangan daya sebesar 66,05 MW. Kami juga terus melistriki pedesaan yang belum berlistrik di mana hingga saat ini desa berlistrik sudah mencapai 76,28%. Dalam pembangunan infrastruktur ini, PLN terus berupaya untuk memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT),” jelas Eman.

Kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang kodisi kelistrikan di Indonesia saat ini dan rencana pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia, khususnya di Tanah Papua. Dengan begitu, para peserta siap menjadi tulang punggung perusahaan di masa depan.


 

  Go Top